Mindfulness dalam Latihan Rohani Ignasian (Sebuah Kajian Hermeneutika-Fenomenologi Atas Konsep Mindfulness dalam Latihan Rohani Ignasian)

GONDOKUSUMO, THERESIA BENEDICTA (2016) Mindfulness dalam Latihan Rohani Ignasian (Sebuah Kajian Hermeneutika-Fenomenologi Atas Konsep Mindfulness dalam Latihan Rohani Ignasian). [Undergraduate thesis]

[thumbnail of P_880_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
P_880_Abstrak.pdf

Download (112kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/242430

Abstract

Mindfulness merupakan suatu konsep dalam bidang psikologi yang berasal dari agama Budhha. Mindfulness memiliki dua elemen utama yaitu: (1) self-regulation of attention dan (2) orientation to experience. Mindfulness merupakan suatu tahapan pikiran yang tidak dapat dilihat secara kasat mata, tetapi dapat dicapai melalui meditasi. Meditasi tidak hanya terdapat pada ajaran agama tertentu. Pada agama Katolik meditasi salah satunya juga terdapat dalam Latihan Rohani Ignasian. Latihan Rohani Ignasian merupakan latihan rohani yang digunakan kaum awam atau calon biarawan. Latihan Rohani Ignasian digunakan untuk memilih dari beberapa pilihan yang ada sehingga dicapailah pilihan yang sesuai dengan kehendak Tuhan. Cara yang dilakukan dalam latihan rohani ignasian menggunakan kontemplasi dan meditasi. Meditasi yang merupakan salah satu cara mencapai mindfulness, menyebabkan peneliti tertarik untuk melihat konsep mindfulness pada Latihan Rohani Ignasian melalui metode hermeneutik fenomenologi. Cara yang digunakan untuk menganalisis adalah dengan memahami interpretasi teks, melakukan analisis atas konsep mindfulness yang terdapat dalam latihan rohani ignasian dan melakukan wawancara untuk melihat tafsir Latihan Rohani Ignasian menurut tiap subjek. Kemudian dianalisis secara bersama-sama apa saja konsep mindfulness yang terdapat dalam latihan rohani ignasian dan apakah interpretasi tiap subjek memiliki kesamaan dengan interpretasi buku Latihan Rohani Ignasian. Melalui analisis hermeneutik fenomenologi ditemukan bahwa tidak semua bagian dalam latihan rohani ignasian mengandung konsep mindfulness. Hanya beberapa bagian yang di dalamnya terdapat konsep mindfulness seperti kontemplasi dan meditasi yang memiliki elemen konsep mindfulness yaitu: (1) sustained attention, (2) inhibition of elaborative processing, (3) keterbukaan dan (4) penerimaan.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: mindfulness, ignatian spiritual exercise
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 15 Aug 2016 07:40
Last Modified: 15 Aug 2016 07:40
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/28304

Actions (login required)

View Item View Item