Rancangan Sistem Penilaian Kinerja Sekolah XYZ

TANONE, CONNIE (2016) Rancangan Sistem Penilaian Kinerja Sekolah XYZ. Masters thesis, University of Surabaya.

[thumbnail of MM_440_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
MM_440_Abstrak.pdf

Download (76kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/241933

Abstract

Dalam dunia pendidikan, guru mendapat perhatian yang terus meningkat dari pemerintah dengan adanya berbagai program seperti sertifikasi guru, tunjangan, uji kompetensi, guru berprestasi, serta penilaian kinerja guru, merupakan bukti nyata bahwa guru diharapkan menjadi menjadi predikat profesional, Yang dilakukan oleh pemerintah dalam upaya meningkatkan profesionalisme guru dalam cakupan nasional, sejatinya diimbangi oleh sekolah selaku organisasi yang mewadahi guru secara langsung. Sekolah XYZ memberlakukan standar yang telah digariskan oleh pemerintah sebagai standar mutlak dan dasar yang wajib dimiliki oleh semua guru dan staf, baik sebagai standar minimal pada saat proses inception khususnya rekrutmen, maupun pada proses penilaian kinerja yang dilakukan setiap tahunnya. Aspek-aspek yang tertuang di dalam standar yang telah digariskan pemerintah, diterjemahkan ke dalam serangkaian alat ukur penilaian kinerja yang disosialisasikan dan menjadi pemahaman bersama. Akan tetapi penilaian kinerja ini terhenti pada tahap individu tersebut, dan tidak pada tahap divisi, terlebih organisasi. Penilaian kinerja merupakan dokumen divisi HR, yang dilakukan pada akhir tahun ajaran. Sementara itu pemerintah pun melaksanakan penilaian kinerja guru yang menilai kemampuan guru dalam mengemban tugasnya. Penilaian kinerja Sekolah XYZ sayangnya tidak sejalan dengan penilaian kinerja guru yang ditetapkan pemerintah. Oleh karena dipandang bahwa penilaian kinerja Sekolah XYZ belum merujuk pada referensi resmi yaitu Penilaian Kinerja Guru Kemdikbud, dan bahwa penilaian kinerja Kemdikbud masih terbatas pada individu guru dan tidak terintegrasi dengan kemajuan sekolah, maka perlu adanya sebuah sistem penilaian kinerja yang dikonstruksi bagi Sekolah XYZ yang berlandaskan penilaian kinerja guru Kemdikbud dan yang mengintegrasi individu guru dengan unit yang lebih luas. Dengan menggunakan tujuh elemen yang dikemukakan oleh Werther dan Davis mengenai sistem penilaian kinerja, penulis merancang sistem penilaian kinerja bagi Sekolah XYZ dengan merujuk pada area yang ditetapkan oleh pemerintah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Sistem Penilaian Kerja
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Management
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 16 Aug 2016 04:41
Last Modified: 16 Aug 2016 04:41
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/28309

Actions (login required)

View Item View Item