Efektivitas Ondansetron Infus Kontinyu dengan Bolus Intravena pada Mual dan Muntah Pasca Bedah Sesar atau Laparatomi dengan Anastesi Epidural

SAPUTRI, RINA (2016) Efektivitas Ondansetron Infus Kontinyu dengan Bolus Intravena pada Mual dan Muntah Pasca Bedah Sesar atau Laparatomi dengan Anastesi Epidural. Masters thesis, University of Surabaya.

[img]
Preview
PDF
MFK_115_Abstrak.pdf

Download (110Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/242510

Abstract

Salah satu masalah yang sering terjadi pasca bedah adalah mual dan muntah, sehingga diperlukan penanganan yang tepat dalam mengatasinya. Obat yang paling direkomendasikan adalah Ondansetron. Penelitian ini dilakukan untuk membandingkan efektifitas dan efek samping penggunaan Ondansetron infus kontinyu dibandingkan dengan bolus intravena pada pasien pasca bedah sesar dan laparatomi. Metode penelitian adalah quasy experimental. Analisis data dengan menggunakan uji Mann Whitney dan analisis analitik dengan prinsip evidence based medicine. Terdiri dari kelompok eksperimen yang mendapat terapi infus kontinyu Ondansetron sebesar 11 sampel dan kelompok kontrol yang mendapat bolus intravena Ondansetron sebesar 6 sampel. Hasil analisis SPSS menunjukkan efektifitas Ondansetron infus kontinyu pada hari pertama lebih baik, akan tetapi pada hari kedua dan ketiga tidak terdapat perbedaan efektivitas. Efek Samping pusing pada hari pertama lebih rendah pada kelompok Ondansetron infus kontinyu, akan tetapi pada hari kedua dan ketiga tidak terdapat perbedaan. Efek samping konstipasi menunjukkan tidak ada perbedaan diantara kedua kelompok. Hasil Rasio Risiko menunjukkan risiko mual dan muntah serta pusing pada pemberian Ondansetron infus kontinyu lebih rendah, akan tetapi risiko konstipasinya lebih tinggi. Efektifitas Ondansetron infus kontinyu lebih baik. Efek samping pusing lebih sedikit pada kelompok infus kontinyu, akan tetapi efek samping konstipasi lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: mual dan muntah pasca bedah, ondansentron
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Clinical Pharmacy
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 19 Aug 2016 03:25
Last Modified: 19 Aug 2016 03:25
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/28321

Actions (login required)

View Item View Item