Tinjauan Yuridis Pembuatan Perjanjian Kerja Bersama Berdasarkan Undang-Undang Ketenagakerjaan (Studi terhadap Perjanjian Kerja Bersama yang Didaftarkan pada Dinas Tenaga Kerja Provinsi Jawa Timur)

FEBRIANTO, CHRISTIAN EKA (2016) Tinjauan Yuridis Pembuatan Perjanjian Kerja Bersama Berdasarkan Undang-Undang Ketenagakerjaan (Studi terhadap Perjanjian Kerja Bersama yang Didaftarkan pada Dinas Tenaga Kerja Provinsi Jawa Timur). Masters thesis, University of Surabaya.

[img]
Preview
PDF
MH_228_Abstrak.pdf

Download (100Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/242075

Abstract

Tujuan penulisan ini sebagai syarat untuk kelulusan dan mendapatkan gelar Magister Hukum di Fakultas Hukum Universitas Surabaya. Tujuan praktis untuk mengetahui tata cara pembuatan dan pendaftaran perjanjian kerja bersama antara pengusaha dengan serikat pekerja yang tercatat pada instansi pemerintah bidang ketenagakerjaan. Jaminan perlindungan hukum bagi pekerja untuk memperjuangkan hak dan kepentingan dalam meningkatkan kesejahteraan, dapat ditempuh melalui upaya hukum yaitu: secara litigasi maupun non litigasi. Bahwa tata cara pembuatan perjanjian kerja bersama harus didasari kemauan bebas kedua belah pihak. Materi muatan yang diatur dalam perjanjian kerja bersama tidak boleh bertentangan dengan peraturan perundang-undangan serta pengusaha wajib mendaftarkan pada instansi pemerintah bidang ketenagekerjaan. Jaminan perlindungan hukum bagi pekerja dalam menyelesaikan perselisihan hubungan industrial yaitu melalui upaya hukum perundingan bipartit, konsiliasi, arbitrase, mediasi dan pengadilan hubungan industrial.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum dan Perjanjian Kerja Bersama
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Law
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 23 Aug 2016 06:51
Last Modified: 23 Aug 2016 06:51
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/28329

Actions (login required)

View Item View Item