Efektivitas Pencampuran Furosemida dengan Albumin terhadap Peningkatan Produksi Volume Urin dan Penurunan Berat Badan pada Pasien Sirosis Hati dengan Komplikasi Ascites (Studi Kasus Rumkital DR. Ramelan Surabaya)

Andini, Tiara (2015) Efektivitas Pencampuran Furosemida dengan Albumin terhadap Peningkatan Produksi Volume Urin dan Penurunan Berat Badan pada Pasien Sirosis Hati dengan Komplikasi Ascites (Studi Kasus Rumkital DR. Ramelan Surabaya). Masters thesis, University of Surabaya.

[img]
Preview
PDF
MFK_95_Abstrak.pdf

Download (49Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/241830

Abstract

Efektivitas furosemida dan albumin untuk pengobatan sirosis hati dengan komplikasi ascites dalam meningkatkan diuresis dan penurunan berat badan telah dibuktikan, tetapi belum diketahui mana yang lebih efektif antara pemberian campuran furosemida dengan albumin dibandingkan furosemida dan albumin secara terpisah. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan antara kedua cara tersebut pada pasien sirosis hati dengan komplikasi ascites melalui parameter pengukuran volume urin tampung dan penurunan berat badan pasien. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Randomized Control Trial pada periode Juli hingga Desember 2014. Analisis data dilakukan secara Mann-Whitney (U) dan Wilcoxon (W). Sampel penelitian sebanyak 27 pasien, dari sejumlah sampel tersebut, terdapat 13 (48,15%) pasien yang mendapatkan terapi berupa pemberian campuran dan 14 (51,85%) pasien yang mendapatkan terapi terpisah. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan pada peningkatan volume urin tampung (p=0,827) dan penurunan berat badan (p=0,583). Namun, hasil signifikansi terjadi pada kedua parameter yang dilakukan sebelum dan sesudah intervensi pada kelompok campuran dan kelompok terpisah sebesar (p=0,001) yang diukur selama 2 hari. Pemberian campuran furosemida dan albumin dibandingkan furosemida dan albumin secara terpisah mempunyai efektivitas yang setara dalam meningkatkan volume urin tampung dan penurunan berat badan pasien ascites.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: furosemida, albumin
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Clinical Pharmacy
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 20 Sep 2016 08:11
Last Modified: 20 Sep 2016 08:11
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/28418

Actions (login required)

View Item View Item