Metode Drop Particle Test Modifikasi Versi-2 Terhadap Efek Antidepresan Bunga Cengkeh (Syzygium Aromaticum) Pada Mencit Putih Jantan (Mus Musculus)

PAYANA, SATYADI EKA (2016) Metode Drop Particle Test Modifikasi Versi-2 Terhadap Efek Antidepresan Bunga Cengkeh (Syzygium Aromaticum) Pada Mencit Putih Jantan (Mus Musculus). [Undergraduate thesis]

[thumbnail of F_4131_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
F_4131_Abstrak.pdf

Download (54kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/243150

Abstract

Penelitian ini merupakan pengujian alat drop particle test modifikasi V-2 dengan bahan uji seduhan bunga cengkeh(Syzygium aromaticum) dan bahan pembanding Amitriptilin pada mencit putih(Mus musculus). Penelitian dilakukan dengan metode drop particle testmodifikasi V-2. Parameter uji berdasarkan rentang waktu saat hewan diletakkan dalam tabung penyaring hingga timbul responmotorik yang pertama kali muncul dan volume atau bobot partikel yang tersaring (terhitung mulai hewan diletakkan ke dalam alat).hasil penelitian menunjukkan bahwa alat drop particle testmodifikasi V-2 dapat digunakan untuk menguji aktivitas anti depresan pada bunga cengkeh(Syzygium aromaticum)yang mengandung alkaloid dan diduga memiliki efek sebagai anti depresan. Hewan uji yang digunakan yaitu Mus musculus putih jantan.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Antidepresan, Drop particle testmodifikasiV-2, Bunga Cengkeh (Syzygium aromaticum)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 06 Oct 2016 07:12
Last Modified: 06 Oct 2016 07:12
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/28483

Actions (login required)

View Item View Item