Implementasi Quality Function Deployment (QFD) pada Proses Layanan Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Bunda Sidoarjo

Pradani, Alfita Dina (2016) Implementasi Quality Function Deployment (QFD) pada Proses Layanan Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Bunda Sidoarjo. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
M_5754_Abstrak.pdf

Download (163Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/243102

Abstract

Dalam rangka untuk meningkatkan kualitas layanan rawat jalan yang ada pada Rumah Sakit Umum Bunda Sidoarjo, maka dilakukan penelitian dalam implementasi Quality Function Deployment (QFD). Tujuan dari peneletian implementasi Quality Function Deployment (QFD) adalah bertujuan untuk mendapatkan Voice of Customer, Prioritas Tindakan Respon Teknis, dan menghasilkan usulan rencana strategi yang sebaiknya diambil oleh pihak perusahaan dalam peningkatan kualitas layanan rawat jalan rumah sakit. Berdasarkan peneletian menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD), didapatkan atribut-atribut yang digunakan dalam peningkatan kualitas layanan rawat jalan seperti Pelayanan administrasi rawat jalan, Pelayanan pemeriksaan oleh dokter, Waktu pelayanan rawat jalan, dan Fasilitas penunjang rawat jalan. Dan didapatkan respon teknis yang digunakan untuk meningkatkan kualitas layanan seperti pengecekan dan perbaikan fasilitas pada ruang praktek dan ruang tunggu, penambahan fasilitas pada proses layanan rawat jalan, training untuk staff rumah sakit yang diadakan setiap bulan, jadwal pembersihan ruang tunggu, ruang praktek, dan toilet, pengecekan ketersediaan dan masa kadaluarsa obat-obatan. Dari perhitungan yang dihasilkan, dapat disimpulkan bahwa antara semua respon teknis perusahaan dengan atribut-atribut peningkatan kualitas memiliki selisih positif sehingga respon teknis yang dijalankan perusahaan belum maksimum dan perlu ditingkatkan kembali guna dapat meningkatkan kualitas layanan rawat jalan Rumah Sakit Umum Bunda Sidoarjo.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Quality Function Deployment (QFD), Voice of Customer, Atribut Produk/jasa, Rawat Jalan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 10 Oct 2016 06:14
Last Modified: 10 Oct 2016 06:14
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/28498

Actions (login required)

View Item View Item