ORKESTRASI KEGIATAN TRI DHARMA PENGURUAN TINGGI DALAM PENINGKATAN DAYA SAING MASYARAKAT

Sari, Yenny and Rosiawan, Muhammad (2016) ORKESTRASI KEGIATAN TRI DHARMA PENGURUAN TINGGI DALAM PENINGKATAN DAYA SAING MASYARAKAT. Jurnal Sinergitas PKM & CSR, 1 (1). pp. 52-63. ISSN E-ISSN: 2528-7184

[img]
Preview
PDF
Orkestrasi Kegiatan_2016.pdf

Download (1313Kb) | Preview

Abstract

Artikel ini berisikan program inovasi yang dilakukan oleh Jurusan Teknik Industri Universitas Surabaya di dalam mengembangkan pendidikan standardisasi dan penerapan standar. Judul program menggunakan istilah “Orkestrasi Kegiatan Tri Dharma” karena program berisi pengolahan kegiatan-kegiatan Tri Dharma di dalam Penguruan Tinggi yang mencakup bidang pendidikan & pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat, untuk peningkatan daya saing masyarakat. Tujuan pelaksanaan program inovasi ini adalah (i) meningkatkan kompetensi para dosen dan mahasiswa terhadap pendidikan dan penerapan standar, yang kemudian berkembang menjadi suatu kompetensi inti, kemudian (ii) berbekal kompetensi inti yang telah dimiliki oleh para dosen dan mahasiswa, dilakukanlah pengembangan dan penerapan standar di berbagai organisasi manufaktur dan jasa yang diwujudkan melalui kegiatan di bidang penelitian dan pengabdian bagi masyarakat bisnis dan industri. Setiap pelaksanaan kegiatan Tri Dharma dipaparkan strategi dan eksekusi, beserta dampaknya terhadap peningkatan daya saing masyarakat baik dari segi dosen dan mahasiswa, maupun bagi perusahaan dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah sebagai mitra bisnis suatu institusi pendidikan. Kata kunci: Tri Dharma, orkestrasi, standar, daya saing masyarakat

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Tri Dharma, orchestration, standard, society competitiveness
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Yenny Sari 61147
Date Deposited: 03 Nov 2016 01:39
Last Modified: 25 Oct 2017 07:42
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/28566

Actions (login required)

View Item View Item