Earnings Management Pada Family Firm Dan Non Family Firm Baik Secara Real Maupun Accrual Pada Sektor Manufacture yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2015

YOVIAAL, MARIA MONIKA (2016) Earnings Management Pada Family Firm Dan Non Family Firm Baik Secara Real Maupun Accrual Pada Sektor Manufacture yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2015. Masters thesis, University of Surabaya.

[thumbnail of MAK_72_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
MAK_72_Abstrak.pdf

Download (163kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/243541

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh family firm terhadap earnings management baik secara real maupun accrual dibandingkan non family firm pada sektor manufacture yang terdaftar di BEI periode 2012-2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini dipilih menggunakan teknik purposive sampling pada perusahaan family dan non family untuk sektor manufacture yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2012-2015. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 550 perusahaan. Peneliti menggunakan analisis regresi berganda dengan menggunakan SSPS 18.0 for windows untuk menguji apakah family firm berpengaruh dalam melakukan earnings management baik secara real maupun accrual dibandingkan non family firm pada sektor manufacture. Dalam penelitian ini, Real Earning Management (REM) diproxikan ke dalam abnormal cash flows from operations (AB_CFO), abnormal discretionary expenses (AB_DISC), dan abnormal production costs (AB_PROD) dengan menggunakan Roychowdhury (2006) dan untuk Accrual diproxikan ke dalam discretionary accruals dengan menggunakan Jones’Model (1991) dan Modified Jones’Model (Dechow, Sloan, dan Sweeney, 1995). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan family ownership memiliki hubungan secara bersama-sama terhadap earnings management. Secara parsial hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Variabel firm size, profitabilitas, leverage, firm age, dan industry mempunyai pengaruh terhadap real earnings management. Variabel family ownership, family firm, growth, dan loss mempunyai pengaruh terhadap earnings management baik secara real maupun accrual. Sedangkan, untuk tahun observasi (year) tidak mempunyai pengaruh terhadap earnings management baik secara real maupun accrual.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: leverage, growth
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Accounting
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 14 Nov 2016 08:01
Last Modified: 14 Nov 2016 08:01
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/28607

Actions (login required)

View Item View Item