Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Board Game Kanban dalam Prestasi Pembelajaran Siklus Produksi

HARTANTO, LIVIA (2016) Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Board Game Kanban dalam Prestasi Pembelajaran Siklus Produksi. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
AK_3856_Abstrak.pdf

Download (63Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/243580

Abstract

Metode pembelajaran yang biasanya digunakan di Universitas adalah kebanyakan metode ceramah yang dimana selalu dosen yang aktif ketimbang mahasiswanya. Karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Metode yang akan diterapkan mulai pada semester Genap 2015/2016 ini yaitu metode Experiential Learning berbasiskan pengalaman mempunyai hubungan dengan prestasi hasil belajar Mahasiswa lewat permainan Board game atau biasa disebut papan permainan. Dengan mengkaitkan materi yang diajarkan dikelas Sistem Informasi akuntansi (SIA) terkait Siklus produksi. Peneliti menggunakan Papan Permainan Kanban yang didalamnya terdapat informasi cara perancangan sebuah mobil. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode wawancara, observasi, kuisioner, dan analisis dokumen lainnya. Untuk kelas SIA terdapat 4 kelas yaitu kelas paralel A dan B di hari selasa dan C dan D dihari kamis. Peneliti hanya meneliti kelas paralel A dan B. Kurangnya motivasi belajar mahasiswa berkaitan dengan prestasi hasil belajar, hal ini menjadi permasalahan kenapa banyak mahasiswa yang malas belajar terkait materi yang diajarkan. Dengan media pembelajaran berbasiskan game yang dapat disimulasikan langsung pada mahasiswa didalam kelas diharapkan adanya keaktifan setiap mahasiswa dalam bermain untuk dapat memutuskan sesuatu atau mengembangkan strategi pada saat bermain. Media Papan permainan Kanban ini diharapkan juga dapat menjadikan suatu pengalaman bagi mahasiswa dalam praktek di industri atau pada saat kerja. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti menjelaskan bahwa terdapat hubungan dan temuan penting antara metode pembelajaran yang digunakan dengan prestasi hasil belajar mahasiswa, sehingga Boardgame atau papan permainan dapat menjadi media pembelajaran yang baik untuk mengembangkan softskill setiap mahasiswa dan motivasi belajar didalam kelas.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: board game, kanban
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 16 Dec 2016 07:21
Last Modified: 16 Dec 2016 07:21
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/28704

Actions (login required)

View Item View Item