Uji Alat Penyaring Partikel Modifikasi Versi-2 untuk Efek Antidepresen Bunga Kecubung (Datura Metel, L) pada Mencit Putih (Mus Musculus)

PRATYAKSA, ANAL AGUNG BAYU NUGRAHA (2016) Uji Alat Penyaring Partikel Modifikasi Versi-2 untuk Efek Antidepresen Bunga Kecubung (Datura Metel, L) pada Mencit Putih (Mus Musculus). [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
F_4216_Abstrak.pdf

Download (41Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/243652

Abstract

Alat penyaring partikel V-2 merupakan pengembangan dari alat sebelumnya yaitu alat penyaring partikel V-1 dimana yang digunakan untuk menguji aktivitas antidepresan. Alat ini akan digunakan dalam menguji aktivitas antidepresan dengan menggunakan bahan pembanding Imipramin HCl yang sudah terbukti khasiatnya sebagai obat antidepresan, dan dalam uji ini digunakan seduhan bunga kecubung (Datura metel, L) yang mengandung alkaloid dan diduga memiliki efek sebagai antidepresan. Hewan uji yang digunakan yaitu mencit putih (Mus musculus) putih jantan. Hewan tersebut dibagi menjadi 6 kelompok yaitu kelompok kontrol dengan aquadem 1ml, pembanding I dengan Imipramin HCl dosis 2,5mg/kgBB, pembanding II dengan Imipramin HCl dosis 7,5mg/kgBB, uji I dengan seduhan bunga kecubung dosis 1,56mg/kgBB, uji II dengan seduhan bunga kecubung dosis 4,68mg/kgBB dan Uji III dengan seduhan Bunga Kecubung dosis 7,8mg/kgBB. Parameter yang diamati pada penelitian ini adalah rentang waktu antara hewan diletakkan pada tabung penyaring hingga timbul respon motorik pertama dan bobot partikel yang tersaring pada waktu yang tertentu. Dari hasil analisis data penelitian didapatkan hasil yang signifikan antara kelompok pembanding dan kelompok uji bunga kecubung (Datura metel, L) dengan dosis yang memberikan efek paling besar adalah dosis 7,8mg/kgBB.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: antidepresan, mencit
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 22 Dec 2016 09:14
Last Modified: 22 Dec 2016 09:14
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/28721

Actions (login required)

View Item View Item