Hubungan Antara Perceived Supervisor Support (Dukungan Supervisor) dan Work Life Balance dengan Job Satisfaction (Kepuasan Kerja)

IKRISDIYANTO, FELIANA (2016) Hubungan Antara Perceived Supervisor Support (Dukungan Supervisor) dan Work Life Balance dengan Job Satisfaction (Kepuasan Kerja). [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
IN_1120_Abstrak.pdf

Download (37Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/244091

Abstract

Peneliti dalam penelitian ini akan mengambil judul “Hubungan Perceived Supervisor Support (Dukungan Supervisor) dan Work Life Balance dengan Job Satisfaction (Kepuasan Kerja)”. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui korelasi antara Perceived Supervisor Support (Dukungan Supervisor) dan Work Life Balance dengan Job Satisfaction (Kepuasan Kerja). Kebanyakan pekerja dari Indonesia lebih mengutamakan adanya work life balance dalam perusahaannya. Adanya work life balance dalam suatu perusahaan ditentukan dari ada atau tidak adanya dukungan dari organisasi yang semua ini berasal dari supervisor. Karyawan yang bekerja dalam suatu perusahaan tidak mendapatkan dukungan supervisor dan Work Life Balance, kebanyakan dari mereka akan merasa tidak puas dengan pekerjaannya. Karyawan yang tidak puas dengan pekerjaannya akan mengakibatkan adanya ketidakhadiran dan meninggalkan pekerjaan mereka. Peneliti dalam penelitian ini menggunakan teknik survey dengan membagikan angket kuisioner kepada subjek. Subjek penelitian diambil berjumlah 120 atau lebih dari 100 subjek untuk menghindari hasil data yang tidak normal. Karakteristik subjek merupakan pekerja yang berada di bawah supervisor. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Data yang diperoleh di uji menggunakan uji instrument yang berupa uji validitas dan reliabilitas, dan uji asumsi yang berupa uji normalitas, linieritas, dan hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 94,4% subjek mengakui bahwa supervisor mereka sangat menghargai dan membantu para pekerja dan sebanyak 82,4% para pekerja memiliki tingkat Work Life Balance yang tinggi. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat korelasi antara Perceived Supervisor Support dengan kepuasan kerja (r=0,512 dan sig. 0,000, nilai sig <0,05). Selain itu Work Life Balance juga memiliki hubungan yang signifikan dengan kepuasan kerja (r=0,153 dan sig.0,023, nilai sig<0,05). Perceived Supervisor Support lebih berpengaruh terhadap kepuasan kerja daripada Work Life Balance, karena supervisor memiliki peranan penting untuk dapat memberi kenyamanan dan peningkatan kualitas fasilitas yang ada di dalam organisasi.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Kepuasan kerja, job satisfaction
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 30 Jan 2017 02:14
Last Modified: 30 Jan 2017 02:14
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/28818

Actions (login required)

View Item View Item