Inovasi Pemasaran Untuk Mengembangkan Usaha Mikro Tas Jaring

Rinawiyanti, Esti Dwi and Gloria, Irene and Lianto, Benny (2016) Inovasi Pemasaran Untuk Mengembangkan Usaha Mikro Tas Jaring. In: Seminar Nasional Teknik Industri UPN Jatim 2016, 3 November 2016, Surabaya . (Unpublished)

[thumbnail of Inovasi Pemasaran_2016.pdf]
Preview
PDF
Inovasi Pemasaran_2016.pdf

Download (432kB) | Preview

Abstract

Usaha mikro dijalankan sebagai salah satu alternatif untuk melakukan usaha sendiri dan menciptakan lapangan pekerjaan, paling tidak untuk pemilik usaha sendiri. Tas jaring merupakan usaha yang dilakukan sebagai tugas dari Aplikasi Bisnis dan kemudian dikembangkan menjadi usaha mandiri. Untuk mengembangkan usaha supaya produk tas jaring lebih dikenal dan lebih banyak dibeli, maka diperlukan inovasi dalam menjalankan usaha tas jaring ini. Inovasi yang dirancang ialah mempromosikan dan memasarkan tas jaring tersebut melalui internet (online) dan bagaimana mendesain strategi pemasaran online yang sesuai. Setelah memilih segmentasi (demografi: usia dan jenis pekerjaan) dan target pasar (remaja usia 6-22 tahun, pelajar/mahasiswa), maka selanjutnya ialah menentukan diferensiasi (diferensiasi produk dan layanan) dan positioning produk (tas jaring yang bisa dibolak-balik), berikutnya adalah merancang bauran pemasaran yang meliputi produk, harga, tempat, dan promosi. Inovasi diterapkan pada produk, yang dapat dibuat sesuai dengan pesanan konsumen (customized), sehingga produk yang dibeli adalah produk yang unik dan personal. Informasi mengenai produk juga akan ditampilkan di website sebagai product knowledge bagi konsumen. Inovasi juga dilakukan pada harga, di mana harga ditetapkan dengan standard markup pricing. Penentuan harga ditampilkan juga di website, karena harga berbeda disesuaikan dengan pesanan. Selanjutnya inovasi tempat, di mana produk akan dipasarkan langsung ke konsumen melalui internet (online) yang disertai dengan pengiriman produk sampai ke tangan konsumen. Sedangkan inovasi promosi meliputi website, media sosial, dan personal selling.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: strategi pemasaran, pemasaran online, usaha mikro, tas jaring
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Eko Setiawan 194014
Date Deposited: 01 Feb 2017 04:50
Last Modified: 19 Nov 2021 04:17
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/28830

Actions (login required)

View Item View Item