Efektivitas Alat Black and White Box pada Uji Antidepresen Ekstrak Air Bayam Hijau (Amaranthus Tricolor) dan Bayam Duri (Amaranthus Spinosus) Terhadap Mencit Putih Jantan (Mus Musculus)

NASTITI, LUTIANA PUTRI (2016) Efektivitas Alat Black and White Box pada Uji Antidepresen Ekstrak Air Bayam Hijau (Amaranthus Tricolor) dan Bayam Duri (Amaranthus Spinosus) Terhadap Mencit Putih Jantan (Mus Musculus). [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
F_4205_Abstrak.pdf

Download (48Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/243404

Abstract

Depresi merupakan penyakit psikiatri yang sering di mayarakat, berada pada urutan keempat di dunia dan mempengaruhi 7-12% populasi dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu metode di laboratorium farmakologi yang digunakan untuk mengetahui indikasi depresi adalah Black and White Box. Metode ini diuji menggunakan mencit putih jantan, dengan bahan uji bayam (Amaranthus sp.). Bayam memiliki kandungan seperti serotonin (triptofan), asam folat, omega-3, flavonoid, glikosida, dan alkaloid yang dibutuhkan untuk membantu mencegah dan mengatasi depresi. Perlakuan yang diberikan pada mencit berupa pemberian jus bayam jenis bayam hijau dan bayam duri dengan dosis masing-masing 400 mg/kgBB selama 8 hari sebagai kelompok uji I dan II, kemudian pada kelompok kontrol diberi aqua, dan sebagai pembanding diberi suspensi Fluoxetine 20 mg/kgBB. Penelitian diawali dengan memasukkan mencit dari setiap kelompok perlakuan ke dalam Black and White Box yang dibuat dalam suasana terang dan gelap, kemudian di catat waktu laten, total waktu yang dihabiskan, dan jumlah pergerakan atau mobilisasi mencit di dalam white box dan dark box selama 5 menit, kemudian dianalisis dengan menggunakan one way ANOVA dan diperoleh hasil adanya perbedaan yang signifikan antara uji 1 dan uji 2, perbedaan yang signifikan antara kontrol dan pembanding, serta adanya perbedaan yang tidak signifikan antara uji 2 dan pembanding.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: fluoxetine, mencit putih (Mus musculus) jantan
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 02 Feb 2017 02:50
Last Modified: 02 Feb 2017 02:50
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/28839

Actions (login required)

View Item View Item