Perbandingan Metode Ekstraksi Ultrasonik dengan Maserasi Kinetik terhadap Aktivitas Antioksidan, Kadar Fenol dan Flavonoid Total Ekstrak Air Daun Sendok (Plantago major L.)

Yolanda, Lita (2010) Perbandingan Metode Ekstraksi Ultrasonik dengan Maserasi Kinetik terhadap Aktivitas Antioksidan, Kadar Fenol dan Flavonoid Total Ekstrak Air Daun Sendok (Plantago major L.). [Undergraduate thesis]

[thumbnail of F_2998_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
F_2998_Abstrak.pdf

Download (55kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/132458

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui perbandingan metode ekstraksi ultrasonik dan maserasi kinetik terhadap aktivitas antioksidan, kadar fenol dan flavonoid total daun sendok (Plantago major L.). Uji aktivitas peredaman radikal bebas DPPH dilakukan secara spektrofotometri tampak (A. = 520 nm). Penetapan kadar fenol total dilakukan dengan metode Falin Ciocalteu secara spektrofotometri tampak (A.= 706 nm) dengan pembanding asam galat. Penetapan kadar flavonoid total dilakukan dengan bantuan AICh secara spektrofotometri tampak (A.= 503 nm) dengan pembanding katekin. Dari hasil penelitian dengan metode ekstraksi ultrasonik diperoleh nilai EC5o, kadar fenol dan flavonoid total masing-masing adalah setara dengan 1051,52 bpj serbuk daun, 0,71% b/b GAE (Gallic Acid Equivalent) dan 0,85% b/b CE (Cathecin Equivalent). Sedangkan untuk maserasi kinetik diperoleh setara dengan 1177,17 bpj serbuk daun, 0,65% b/b GAE dan 0,81% bib CE. Hasil perhitungan statistik t-test (a = 0,05) terhadap nilai EC5o, kadar fenol dan flavonoid total menunjukkan adanya perbedaan bermakna antara metode ekstraksi ultrasonik dan maserasi kinetik. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode ekstraksi ultrasonik lebih baik daripada maserasi kinetik.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Metode Ekstraksi Ultrasonik, Maserasi Kinetik, Antioksidan, Plantago major L.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 17 Feb 2017 07:36
Last Modified: 17 Feb 2017 07:36
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/28906

Actions (login required)

View Item View Item