PRAKTIK MANAJEMEN RANTAI PASOK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA MINIMARKET DI SURABAYA

Sanjaya, Calvin Ferdinan and Kusumawardhany, Prita Ayu and Rahayu, Siti (2016) PRAKTIK MANAJEMEN RANTAI PASOK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA MINIMARKET DI SURABAYA. In: Konferensi Nasional Riset Manajemen X “Akselerasi Daya Saing Menuju Keunggulan Organisasi yang Berkelanjutan”, 20-22 September 2016, Hotel Lombok Raya.

[img]
Preview
PDF
PritaAyu_UBAYA_KNRM_X_FullPaper.pdf

Download (331Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh Praktik-praktik manajemen rantai pasokan yang mencakup hubungan kemitraan stratejik, hubungan pelanggan, pembagian informasi dan penundaan terhadap keunggulan bersaing pada minimarket di Surabaya. Minimarket mulai menyadari bahwa tidak cukup untuk meningkatkan efisiensi dalam sebuah organisasi, tapi rantai suplai keseluruhan dalam suatu minimarket telah dalam proses menjadikan minimarket lebih kompetitif. Pemahaman mengenai manajemen rantai pasok telah menjadi prasyarat penting bagi minimarket untuk tetap kompetitif dalam dunia global dan untuk meningkatkan laba. Hubungan antara pemasok, pelanggan, dan minimarket itu sendiri, harus dikelola dengan baik. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Jumlah sampel yang digunakan berjumlah 100 orang manajer dan/ atau supervisor minimarket di Surabaya. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Hasil analisis ini menunjukkan bahwa hubungan kemitraan stratejik, hubungan pelanggan dan pembagian informasi, berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing minimarket di Surabaya. Sedangkan penundaan berpengaruh negatif signifikan terhadap keunggulan bersaing pada minimarket di Surabaya. Kata Kunci: Hubungan Kemitraan Stratejik, Hubungan Pelanggan, Pembagian Informasi, Penundaan, Keunggulan Bersaing.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: hubungan Kemitraan Stratejik, Hubungan Pelanggan, Pembagian Informasi, Penundaan, Keunggulan Bersaing.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: PRITA AYU KUSUMAWARDHANY
Date Deposited: 20 Feb 2017 04:55
Last Modified: 20 Feb 2017 04:55
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/28912

Actions (login required)

View Item View Item