Perancangan Strategi Pemasaran pada CV. Dharma Usaha, Surabaya

-, Meilia (2006) Perancangan Strategi Pemasaran pada CV. Dharma Usaha, Surabaya. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
TM_2605_Abstrak.pdf

Download (71Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/135214

Abstract

CV. Dharma Usaha adalah sebuah perusahaan penghasil bijih plastik regrind, dimana bahan baku dari pabrik ini berasal dari sampah-sampah plastik seperti botol-botol dan gelas-gelas air mineral. Selama ini perusahaan dalam kegiatan produksinya masih belum lancar. Hal ini dikarenakan masih sedikitnya perusahaan pengguna yang menggunakan bijih plastik dengan kualitas yang sama dengan yang diproduksi oleh perusahaan, sehingga jumlah penjualan perusahaan saat ini masih dibawah dari target perusahaan (25 ton I bulan) yaitu <50%. Oleh karena itu diperlukan perancangan strategi pemasaran yang tepat, efektif dan kompetitif agar perusahaan dapat hidup bahkan berkembang. Agar dapat memperbaiki hal tersebut, maka diperlukan penelitian pada pasar bisnis yang ada agar dapat merancang suatu strategi pemasaran yang dapat meningkatkan penjualan dan mempertahankan konsumen yang sudah ada sekarang. Pengumpulan data sekunder dilakukan dengan mencari data pada Disperindag Surabaya dan pada perusahaan yang bersangkutan. Sedangkan pengumpulan data primer dilakukan dengan melakukan penyebaran kuesioner pada 6 perusahaan konsumen dan 7 perusahaan konsumen potensial di Surabaya. Adapun teknik sampling yang digunakan adalah metode non probability sampling (judgment sampling), dimana melalui cara ini, semua elemen populasi belumn tentu memiliki peluang yang sama untuk dipilih sebagai anggota sampel dan responden yang dipilih adalah orang-orang yang diperkirakan dapat memberikan informasi yang diperlukan dalam penelitian. Setelah dilakukan pengumpulan data, data diuji dengan uji reliabilitas dan validitas dengan menggunakan program SPSS versi 10.00 for Windows. Adapun analisis yang dilakukan adalah uji crosstabs dan Multivariate test. Dari hasil pengujian crosstabs diketahui bahwa tidak ada hubungan ketergantungan antar kelompok responden yang terbentuk (responden konsumen dan responden konsumen potensial). Hasil dari uji MANOVA adalah bahwa tidak ada perbedaan rata­ rata tingkat kepentingan antar kelompok responden. Analisis yang dilakukan adalah analisis kuadran, analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, dan Threat) dan analisis STPD (Segmentation, Targeting, Positioning, dan Differentiation) serta marketing mix (product, price, place, dan promotion). Dari analisis kuadran yang telah dilakukan, didapatkan kelebihan-kelebihan dari perusahaan yaitu tingkat kepuasan pelanggan yang tinggi (>4,097) terhadap variabel­ variabel yang dianggap penting dalam pemilihan supplier bijih plastik. Adapun variabel­ variabel tersebut adalah kualitas dan harga bijih plastik, tingkat kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan, dan sistem pembayaran yang mudah. Maka dari itu, perusahaan diharapkan memposisikan diri sebagai perusahaan pembuat bijih plastik dengan kualitas yang tinggi dengan service yang memuaskan, dan harga yang sesuai dengan kualitas. Dari kuesioner yang dibagikan, perusahaan dapat melakukan diferensiasi dalam hal berat pada tiap kemasan, sesuai dengan permintaan pelanggan yaitu 20, 25 dan 30 kg per karung. Berdasarkan data kuesioner pada konsumen potensial, banyak konsumen yang kurang puas dengan pemberian discount dari para supppliernya Maka dari itu, untuk merebut pasar dan memberikan rangsangan pada pelanggan, perusahaan sebaiknya memberikan potongan harga untuk jumlah pembelian tertentu. Perusahaan juga diharapkan dapat mengurangi leadtime yang menurut pelanggan kurang memuaskan (mean:3,800). Dari segi promotion, perusahaan sebaiknya melatih bagian marketing, tidak hanya mempromosikan produk saja, tetapi juga tingkat pelayanan yang memuaskan. Sedangkan dari segi service, perusahaan diharapkan dapat menggunakan segala kelebihan yang ada untuk mempertahankan konsumen yang sudah ada sekarang dan menjaring sebanyak­ banyaknya perusahaan-perusahaan konsumen potensial.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 21 Feb 2017 07:54
Last Modified: 21 Feb 2017 07:54
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/28939

Actions (login required)

View Item View Item