Soesanto, Chandra Gunawan (2004) Perencanaan Strategi Pemasaran Pada Perusahaan Plastik PT. Lancar Plastindo Di Surabaya. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
TM_2279_Abstrak.pdf Download (263kB) | Preview |
Abstract
Krisis moneter yang melanda di Indonesia beberapa tahun lalu telah memberikan dampak yang signifikan terhadap pesatnya pertumbuhan industri plastik, khususnya industri skala kecil sampai menengah. Hal ini disebabkan salah satu lini bisnis/usaha yang dapat berkembang pada pasca moneter adalah lini bisnis pada proses manufaktur produk plastik dengan bahan baku avalanlbahan daur ulang. Sedangkan prospek untuk perusahaan yang menggunakan bijih plastik orisinil dimana hams mendatangkan bahan baku tersebut dari luar negeri, telah mengalami penurunan yang tajam akibat kenaikan harga bahab baku yang diakibatkan oleh perubahan fluktuasi kurs Dollar terhadap Rupiah. Hal inilah yang memicu banyak perusahaan plastik semakin tumhuh menjamur dan tersebar di seluruh Indonesia. PT. Lancar Plastindo merupakan salah satu dari sekian ratusan perusahaan yang berdiri pada pasca moneter dimana usaha yang digeluti selama ini terfokus pada produk untuk kelas menengah ke bawah. Persaingan pada harga, produk dan distnbusi maupun sektor pemasaran telah dijalani oleh perusahaan hingga perusahaan dapat berekspansi dari industri skala kecil menjadi industri skala menengah. Namun, semakin banyaknya persaingan yang terjadi di pasar, tetap membuat perusahaan mengalami masalah dalam memasarkan salah satu produknya, yaitu baskom. Oleh karena itu dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat membuat permintaan akan produk perusahaan di pasar meningkat sehingga dapat membuat pemasar/perantara memiliki loyalitas yang tinggi pada perusahaan_ Penelitian ini dimulai dengan melakukan wawancara mendalam dan survey lapangan pemasaran perusahaan secara menyelurub. Dari kegiatan tersebut didapatkan rantai pemasaran yang mengidentifikasikan pelaku-pelaku yang berperan dalam pemasaran produk baskom. Setelah itu dianalisis peran pembelian pada masing-masing pelaku tersebut, maka peran yang paling berpengaruh adalah peran konsumen, karena berperan sebagai pengambilan keputusan pennintaan pasar. Kemudian dilakukan analisis perilaku pembelian pada konsurnen tersebut melalui wawancara mendalam dan didapatkan basil bahwa sebanyak 25% dari populasi konsumen mementingkan kulaitas baskom dibandingkan harga, sekitar 80% lebih sukan menentukan dan memilih produk yang d1beli, 86%dari populasi tidak pemah memperhatikan merek yang dibeli, 80% konsumen lebih menyukai produk yang mengikuti trend, 70% konsumen tidak mempermasalhkan harga dalam membeli baskom dan lebih dari 50% yang menyukai corak warna terang dan mencolok. Dari seluruh data tersebut, kemudian diolah dengan analisis deskriptif dan dilakukan pendekatan dengan analisis pemasaran, yaitu STPD dan bauran pemasaran. Untuk memperkuat kebenaran hasil perancangan strategi, maka juga dilakukan analisis SWOT untuk dihasilkan strategi Mini-Maxi yang berasal dari hasil konsultasi dengan pihak perusahaan dimana strategi tersebut sejalan dengan masalah yang dihadapi oleh perusahaan. Setelah kedua strategi dirancang, maka perlu diintegrasikan menjadi satu sehingga isi strategi tersebut adalah dengan menetapkan segmen pasar dan memfokuskan sasaran pasar pada konsumen ibu rumah tangga usia 31-40 tahun. Selain itu dengan pendekatan bauran pemasaran, maka strategi yang dapat diusulkan adalah peningkatan produk, penetapan harga pasar produk, bekerjasama dengan pemasok dan distributor serta pengadaan promosi untuk rumah makan, warung, catering dan sebagainya.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 22 Feb 2017 01:29 |
Last Modified: | 22 Feb 2017 01:29 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/28944 |
Actions (login required)
View Item |