Efektivitas Pelatihan Keterampilan Dasar Konseling untuk Penanggulangan Work Family Conflict (WFC) dan Perancangan Sistem Penyelenggaraan Konseling

PURNOMO, Tiffany Damitta (2016) Efektivitas Pelatihan Keterampilan Dasar Konseling untuk Penanggulangan Work Family Conflict (WFC) dan Perancangan Sistem Penyelenggaraan Konseling. Masters thesis, University of Surabaya.

[img]
Preview
PDF
MPSI_320_Abstrak.pdf

Download (72Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/244220

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas pelatihan keterampilan dasar konseling pada level managerial untuk penanggulangan work family conflict (WFC) pada karyawan di CV. X. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan mix method yanitu kuantitaif dan kualitatif. Pada tahap asesmen menggunakan teknik wawancara dengan menghasilkan TNA (Training Need Analysis). Hasil yang diperoleh dari TNA adalah adanya indikasi konflik kerja-keluarga yang dialami oleh karyawan yang berada pada posisi staff, adanya hubungan yang kurang baik antara atasan, bawahan dimana para bawahan merasa bahwa atasan sering kali bersikap acuh terhadap masalah yang mereka hadapi, serta pengetahuan para manajer yang kurang memadai terkait konseling. Hasil dari pelatihan “Knowing You Better” yang dilakukan kepada para manager di CV. X ini menunjukkan adanya peningkatan pada beberapa aspek dan peserta pelatihan, pada evaluasi pembelajaran knowledge ada 7 orang peserta yang memberikan perubahan hasil yang signifikan, sedangkan pada evaluasi pembelajaran skill ada 5 orang peserta yang memiliki peningkatan yang signifikan. Berdasarkan uji statistik pada evaluasi pembelajaran knowledge yang dilakukan diketahui skor sig (0.016) <0.05, yang dapat diartikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum diberikan dan sesudah diberikannya pelatihan. Selain itu peneliti juga membuat sebuah rangkaian sistem untuk perusahaan berupa sistem penyelenggaraan konseling dan sistem sosialisasi yang dapat digunakan perusahaan untuk memperkenalkan proses konseling kepada seluruh karyawan yang ada di dalam perusahaan, sehingga konseling dapat dilakukan secara berkelanjutan di dalam perusahaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pelatihan ketrampilan dara konseling
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 01 Mar 2017 02:25
Last Modified: 01 Mar 2017 02:25
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/29015

Actions (login required)

View Item View Item