Penetapan Pasar Dan Strategi Pemasaran Untuk Produk Baru Teh Hijau Di UD. Elang Nusantara Rembang, Jawa Tengah

Hermawan, Yeffry (2006) Penetapan Pasar Dan Strategi Pemasaran Untuk Produk Baru Teh Hijau Di UD. Elang Nusantara Rembang, Jawa Tengah. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_2723_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TM_2723_Abstrak.pdf

Download (65kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/135168

Abstract

Teh hijau merupakan minuman kesehatan yang dapat dikonsumsi oleh semua orang. Seiring dengan kemajuan jaman dan teknologi menyebabkan muncul banyaknya pesaing yang memproduksi _ teh hijau _ dengan harga yang bervariasi. Pesaing tidak hanya berasal dari perusabaan lokal, tetapi juga berasal dari mancanegara dengan berbagai macam merek dan jenis. UD.Elang Nusantara merupakan suatu usaba yang bergerak eli bidang minuman jenis limun. Seiring dengan berkembangnya jaman maka UD. Elang Nusantara ini memproduksi minuman teb hijau yang kemasannya dalam bentuk cup 240 ml dengan harga teijangkau. Tujuan penelitian Tugas Akhir ini adalab penentuan aspek pasar dan merancang strategi pemasaran yang tepa! bagi UD.Eiang Nusantara untuk meningkatkan penjualan dengan mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen. l•engumpulan data primer berupa kuesioner didapat:kan dari responden konsumen potensial yang pernah minum teh hijau maupun tidak pernah (tertarik). Teknik sampling yang digunakan adalab purposive sampling dengan jumlah 100 responden konsumen potensial. Pada analisis aspek pasar diperoleh permintaan efektif untuk tahun 2007 yaitu sebanyak 10.984 jiwa dan pada tahun 2011 sebanyak 14.203 jiwa, sehingga mengalami kenaikan setiap tahunnya Perbedaan anatara konsumen potensial yang pernah minum teh hijau dengan responden yang tidak pernah minum teh hijau didapatkan dari analisis crosslab 1 (ada 3 variabel) dan Perbedaan anatara konsumen potensial yang pernah minum teh hijau dengan responden yang tidak pernab minum teh hijau (tertarik) didapatkan dari anal isis crosslab 2 (ada 5 variabei ). Analisis MANOV A menghasilkan 2 variabel dari keseluruhan 16 variabel yang memiliki perbedaan tingkat kepentingan antara konsumen yang pernah minum teh hijau dengan konsumen yang belum pernah minum teh hijau (tertarik). Tingkat kepentingan konsumen tertinggi adalab pada variabel rasa produk enak (mean= 4,40) dan tingkat kepuasan konsumen tertinggi untuk merek Green-t adalah pada variabel keterkenalan merek produk (mean= 4,17), untuk merek Nu adalah pada variabel keterkenalan merek produk (mean = 4,20), untuk merek Zestea adalah pada variabel persediaan produk yang selaiu ada (mean = 3,97), untuk merek Pokka adalah pada promosi (mean= 4,24), dan untuk merek Frestea adalah pada variabel harga produk teijangkau (mean= 4,56). Pada analisis kuadran untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan produk diperoleh 7 variabel yang menjadi keiemahan produk yaitu desain kemasan menarik, higienitas produk, mudah diperoleh, tanpa bahan pengawet, harga produk teljangkau, informasi produk jelas, kualitas produk (tahan lama). Strategi pemasaran usulan dirancang berdasarkan konsep aspek pasar, 4P Marketing Mix yaitu meliputi Product, Price, Place, Promotion, dan konsep Segmentation, Targetting, Positioning, Differentiation_

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 01 Mar 2017 10:10
Last Modified: 01 Mar 2017 10:10
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/29021

Actions (login required)

View Item View Item