Pengaruh Pelatihan Self Management terhadap Intensitas Bermain Game : Online dan Offline pada Remaja

PURWANINGTYAS, Fifin Dwi (2016) Pengaruh Pelatihan Self Management terhadap Intensitas Bermain Game : Online dan Offline pada Remaja. Masters thesis, University of Surabaya.

[thumbnail of MPSI_312_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
MPSI_312_Abstrak.pdf

Download (35kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/243924

Abstract

Intensitas bermain game online dan game offline adalah keseriusan seseorang dalam menekuni permainan yang diukur dari seberapa lama seseorang menghabiskan waktu bermain game. Intensitas terdiri dari dua aspek yaitu frekuensi dan durasi, frekuensi mengacu pada tingkatan atau seberapa sering bermain, sedangkan durasi lama dalam bermain durasi < dari 1-3 jam/perhari tergolong masih rendah, yang bermain game dengan 3-4 jam/perhari dalam sehari tergolong sedang, sedangkan yang bermain game dengan > 4-6 jam/perhari tergolong tinggi. Intensitas bermain game semakin naik dikarenakan remaja tidak memiliki skala prioritas, self management dan kurang dapat mengelola dirinya dengan baik. Self management adalah manajemen dari perilaku sendiri dan pengambilan pertanggungjawaban atas tindakan sendiri, aspek yang diukur dalam mengelola diri sendiri adalah goal setting, self monitoring, self reinforcement dan evaluation diri. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen one group pretest-posttest design. Subjek penelitian berjumlah enam siswa SMP “W” Surabaya yang memiliki tingkat intensitas game online dan offline kategori tinggi dan sedang. Pengumpulan data menggunakan angket terbuka dan angket self management yang diberikan peneliti sebelum diberikan perlakuan (pretest) dan setelah diberikan perlakuan (posttest). Penganalisaan data dilakukan melalui uji non-parametrik Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan nilai pre-post test pada self management dengan nilai p=0,917 (p>0,05) dan intensitas yang terdiri pada aspek durasi terdapat penurunan dengan nilai p=0,026 (p<0,05), sedangkan untuk aspek frekuensi terdapat penurunan dengan nilai p=0,020 (p<0,05). Walaupun tidak ada perbedaan yang signifikan pada pelatihan self management pada hasil statistik, tetapi peneliti melihat adanya suatu penurunan pada partisipan dalam intensitas bermain game, hal ini dikarenakan faktor eksternal yang mempengaruhinya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pelatihan self management
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 03 Mar 2017 03:43
Last Modified: 03 Mar 2017 03:43
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/29036

Actions (login required)

View Item View Item