Analisis Perilaku Konsumen Dan Perencanaan Strategi Pemasaran Di The Warehouse Gym Surabaya

Solim, Peggy Lidya (2006) Analisis Perilaku Konsumen Dan Perencanaan Strategi Pemasaran Di The Warehouse Gym Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_2721_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TM_2721_Abstrak.pdf

Download (52kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/135203

Abstract

Orang yang mempunyai tubuh yang ideal seringkali dianggap sebagai tubuh yang sehat dan menarik. Hal ini membuat orang lebih menjaga kesehatannya dengan cara berolahraga, salah satu caranya yaitu dengan mengikuti latihan pada sport club Bertambahnya jumlah orang yang peduli akan kesehatan mendorong semakin bertambahnya pusat-pusat kebugaran. Namun dengan semakin menjamurnya sport club membuat semakin terjadinya persaingan di bidang ini, sehingga terjadi penurunao anggota pada The Warehouse Gym Sport Club. Oleh karena itu perusahaan perlu untuk merancang strategi pemasaran agar Iebih bisa menarik perhatian pasar dengan mengetahui lebih dalam mengenai perilaku konsumen yang dituju. Untuk itu dalam peoelitian Tugas Akhir ini ingin mengevaluasi faktor-faktor demografi, mengevaluasi gaya hidup pelaoggan The Warehouse Gym serta pelanggan potensial, mengevaluasi tingkat kepeotingan The Warehouse Gym dan pelanggan potensial, tingkat kepuasan The Warehouse Gym, dan merancang strategi pemasaran usulan untuk dipertimbangkan untuk pihak The Warehouse Gym. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkao kuesioner pada responden The Warehouse Gym dan pelanggan potensial. Penyebaran kuesioner dilakukan secara purposive sampling. Metode analisis yang dipakai adalah analisis deskriptif untuk menggambarkan karakteristik konsumeo secara wnum. Selanjutnya menggunakan analisis pengelompokan responden berdasarkan faktor gaya hidup menurut PT. Surindo Utama yang terdiri dari 8 dimensi tipe manusia (AjJluents, Achievers, Loners, Anxious, Socialities, Pusher, Attention Seekers, Pleasure Seekers) untuk mengetahui kete.rgantungan antar kelompok dengan variabel demografi dapat dilakukan dengan analisis crosstabs. Selain itu dilakukan analisis manova untuk mengetahui perbedaan tingkat kepentingan pelanggan The Warehouse Gym dan pelanggan potensial. Dilakukan juga analisis kuadran untuk mengetahui kelemaban dan kelruatan dari The Warehouse Gym. Selanjutnya merancang strategi pemasaran usulan, yaitu dengan perancangan Segmentation, Targeting, Positioning, and Differentiation, dan bauran pemasaran 8P. Dari basil pengumpulan data dan pengolahan basil, dari 8 kelompok gaya hidup pelanggan The Warehouse Gym terpilih 3 kelompok mayoritas sebanyak 80% untuk diteliti Iebih lanjut. Ketiga kelompok itu adalah Affluents (43.0%), Achievers (23.0%), dan Socialities (14.0%). Sedangkan untuk pelanggan potensial d.ipilih 3 kelompok mayoritas sebanyak 85%. Ketiga kelompok tersebut adalah Achievers (44.0%), Anxious (14.0%) dan Socialities (27.0%). Ketergantungan kelompok The Warehouse Gym d.ibedakan secara demografi melalui jenis kelamin, usia, frekuensi kunjungan d.i The Warehouse Gym. Berdasarkan uji manova didapatkan perbedaaan mean pada tingkat kepentingan pelanggan The Warehouse Gym dan pelanggan potensial, yaitu kelengkapan fasilitas Sport club yang d.iberikan (Fitness, aerobic, yoga, sauna. renang), kelengkapan peralataanjitness yang dapat dioperasikan, special price yang menarik pada event-event tertentu, kegencaran dalam berpromosi, kecukupan kamar mand.i dan we, ketersed.iaan produk-produk yang bervariasi di Cafe, dan kelengkapan fasilitas mand.i. Dari analisis kuadran d.iketahui kelemahan-kelemaban dari The Warehouse Gym adalah kelengkapan peraJatan fitness yang dapat d.ioperasikan, merupakan dimensi product element, special price yang menarik pada event-event tertentu, kegencaran da1arn berpromosi, kecukupan kamar mand.i dan we, ketersed.iaan produk-produk yang bervariasi di cafe, dan kelengkapan fasilitas mandi. Selanjutnya merancang strategi pemasaran usulan berdasarkan Segmentation, Targeting, Positioning, and Difforentiation, dan bauran pemasaran 8P.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 03 Mar 2017 10:40
Last Modified: 03 Mar 2017 10:40
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/29038

Actions (login required)

View Item View Item