Pengukuran Kinerja Perusahaan Dengan Menggunakan Integrasi Balanced Scorecard Dan Iso-900I : 2000 Di PT. Asahimas Flat Glass, Tbk

Saputro, Purwito Hady (2006) Pengukuran Kinerja Perusahaan Dengan Menggunakan Integrasi Balanced Scorecard Dan Iso-900I : 2000 Di PT. Asahimas Flat Glass, Tbk. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_2726_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TM_2726_Abstrak.pdf

Download (52kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/135267

Abstract

PT. ASAHIMAS FLAT GLASS, Tbk adalah merupakan perusahaan PMA yang bergerak dalam industri kaca terutama lembaran kaca (sheet glass). Dalam menghadapi persaingan industri yang semakin ketat, perusahaan ini menghadapi tantangan tersebut dengan salah satunya dengan berusaha mendapatkan sertifikat IS0-9001:2000, yang merupakan salah satu prasyarat bagi industri di setiap negara untuk bisa terlibat dan diakui keberadaannya ditengah perdagangan bebas yang bersifat global. Dengan adanya penerapan IS0-9001:2000 perusahaan ini mengharapkan akan mampu meningkatkan kinerja perusahaan secara keseluruhan. Untuk itu diperlukan dengan adanya suatu pengukuran kinerja perusahaan sebelum dan sesudah penerapan ISO, sehingga dapat diketahui tingkat keberhasilan perusahaan dalam menerapkan ISO tersebut. Salah satu metode pengukuran kinerja yaitu Balanced Scorecard. Dalam penelitian ini metode Balanced Scorecard tersebut diintegrasikan dengan IS0-9001:2000, yang dimana setiap Key Performance Indicators (KPI) nya diperoleh dari klausul-klausul IS0-9001:2000. Dan dari setiap KPI tersebut akan dikelompokkan dalam empat perspektif Balanced Scorecard yaitu : Financial Perspective, Customer Perspective, Internal Business Process Perspective, dan Learning and Growth Perspective. KPI yang digunakan oleh PT. ASAHIMAS FLAT GLASS, Tbk pada Financial Perspective yaitu Sales Growth Ratio, Profit Margin on Sales, Return on Assets, Return on Equity, Total Assets Turnover, dan Current Ratio. Pada Customer Perspective yaitu New Customer, Customer Retention, Complain Rate, Sales Return, dan Persentase Komplain Konsumen yang Diselesaikan Dengan Baik. Pada Internal Business Process Perspective yaitu On Time Delivery, Supplier Lead Time, Defect Rate, Machine Breakdown Hours, Yield Rate, Persentase Kerusakan Selama Distribusi, Power Productivity, dan Number of Audit. Pada Learning and Growth Perspective yaitu Suggestion Rate, Abseenteism, Employee Turnover, Employee Training, Persentase Tanggapan Terhadap Saran Karyawan, Number of Accident, Employee Productivity, Mutasi Karyawan, Keterlambatan Karyawan, dan Persentase Pemenuhan Pelayanan Kesehatan. Dan dari masing-masing KPI tersebut dilakukan penentuan bobot dengan Pairwise Comparison. Dari hasil pengukuran kinerja Balanced Scorecard, kinerja perusahaan secara keseluruhan cenderung mengalami peningkatan. Hanya saja pada tahun 2003 sempat terjadi penurunan nilai. Dengan ditunjukkannya rincian indeks kinerja yaitu tahun 2001 adalah 2,591 (baik), tahun 2002 adalah 2,604 (baik), sedangkan tahun 2003 terjadi penurunan yaitu menjadi 2,301 (cukup baik), dan tahun 2004 adalah 2,602 (baik). Dari hasil pengukuran tersebut ditetapkan beberapa tolak ukur yang perlu diperbaiki yaitu Sales Growth Ratio, Profit Margin on Sales, Total Assets Turnover, Current Ratio, Complain Rate, Sales Return, On Time Delivery, Suplier Leadtime, Suggestion Rate,Abseenteism, Number of Accident, dan Keterlambatan Karyawan. Dengan diterapkannya IS0-900 I :2000 berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Hal ini terbukti dengan meningkatnya kinerja perusahaan. Terutama kinerja pada Customer Perspective yang mengalami peningkatan cukup tinggi setelah perusahaan mendapatkan sertifikat IS0-9001:2000. Dan pada Financial Perspective, Internal Business Process Perspective dan Learning and Growth Perspective, dengan adanya penerapan IS0-9001:2000, kondisi perusahaan menjadi lebih teratur dan efisien sehingga para karyawan perusahaan dapat melakukan pekerjaannya dengan baik dan benar, sehingga secara tidak langsung dapat meningkatkan kinerja perusahaan itu sendiri.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 06 Mar 2017 08:07
Last Modified: 06 Mar 2017 08:07
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/29050

Actions (login required)

View Item View Item