Perancangan dan Pengukuran Kinerja dengan Metode Modified Balanced Scorecard (Organizational Balanced Scorecard dan Personal Balanced Scorecard) di SMP Al Falah Deltasari Sidoarjo

Kalis, Andhi Irawan (2006) Perancangan dan Pengukuran Kinerja dengan Metode Modified Balanced Scorecard (Organizational Balanced Scorecard dan Personal Balanced Scorecard) di SMP Al Falah Deltasari Sidoarjo. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
TM_2742_Abstrak.pdf

Download (73Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/135079

Abstract

Sekolah Menengah Pertama (SMP) AI Falah Deltasari merupakan sekolah swasta yang menerapkan integrasi nilai-nilai Islam dalam melaksanakan kegiatan pendidikan. Metode pengukuran kinetja Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekeljaan (DPPP) yang selama ini diterapkan sekolah tersebut memiliki kelemahan pada subyektifitas penilaian yang dilakukan atasan. Di samping itu, metode tersebut banya digunakan untuk mengukur kinelja pegawai. Sekolah belum memiliki sistem pengukuran kinelja organisasi yang digunakan untuk memantau apakah strategi mereka telah beljalan dengan baik atau tidak. Oleb karena itu dalam penelitian ini akan dirancang sistem pengukuran kinelja SMP AI Falah Deltasari. Balanced Scorecard (BSC) merupakan sebuah sistem manl\iemen strategis sekaligus sebagai sistem pengukuran kinelja yang meneljemahkan visi, misi, dan strategi organisasi ke dalam berbagai tujuan dan tolok ukur. Tolok ukur kinelja atau Key Performance Indicator (KPI) di dalam penelitian ini ditinjau dari empat perspektif, yaitu Perspektif Konsumen, Perspektif Keuangan, Perspektif Proses Pengl\iaran dan Administrasi, dan Perspektif Kapasitas Organisasi. Agar sekolah mencapai kinetja tinggi, maka setiap level dalam organisasi barus menyelaraskan tujuan mereka dengan tujuan organisasi yang dinyatakan dalam Organizational Balanced Scorecard (OBSC). Untuk menentukan strategi yang sesuai dengan kondisi sekolah terkini, maka dilakukan analisis Strengths, Weakness, Opportunities, Threats (SWOT). Setelah strategi SWOT selesai dirancang, dilakukan perancangan OBSC yang dimulai dengan meneljemahkan visi, misi, dan strategi sekolah ke dalam tujuan dan tolok ukur yang spesifik. Kemudian masing-masing perspektif dan tolok ukur (KPI) dalam OBSC dibitung bobotnya dengan metode Pair Comparison. Agar pencapaian masing-masing KPI dapat diukur, maka masing-masing KPI dalam OBSC barus memilki target Target inilah yang akan digunakan sebagai dasar kriteria penilaian kinelja. Berdasarkan rancangan OBSC yang telah dibuat, dilakukan pengembangan Balanced Scorecard. Dalam penelitian ini, OBSC akan diturunkan ke Personal Balanced Scorecard (PBSC). Pada proses perancangan PBSC di dalam penelitian ini muncul bambatan penelitian. Hambatan penelitian tersebut adalah tidak dimungkinkannya setiap pegawai sekolah untuk merancang PBSC berdasarkan rancangan OBSC. Oleh karena itu, dilakukan modifikasi pada PBSC yang dirancang. Modifikasi yang dilakukan adalah perancangan PBSC akan dilakukan oleb peneliti atas dasar job description dan diskusi dengan pibak manajemen. Berdasarkan basil pengukuran kinelja sekolah, kinelja sekolah pada tahun ajaran 2004-2005 dikategorikan cukup baik dengan nilai kinelja 2,3 I 05, sedangkan kinelja sekolah pada tahun ajaran 2005-2006 dikategorikan bail<, dengan nilai yang diperoleh sebesar 2,7401. Berdasarkan basil pengukuran kinetja guru tetap pada tahun ajaran 2005-2006, diperoleb nilai kinelja kelompok jabatan guru sebesar 2,279. Dengan nilai kinetja rata-rata tersebut maka kinetja kelompok jabatan guru dapat dikategorikan cukup baik. Dari basil pengukuran kinelja OBSC dan PBSC guru SMP AI Falah Deltasari dapat diketahui tolok ukur atau KPI yang kineljanya rendab dan perlu diperbailci. Oleb sebab itu, ditentukan inisiatif perbaikan kinelja untuk masing-masing KPI tersebut. Mengingat banyakuya inisiatif perbaikan yang barus dilakukan dan terbatasnya kemampuan selcolah, maka ditentukan prioritas pelaksanaan inisiatif perbaikan. Agar pegawai sekolah lebib fokus terhadap faktor-faktor yang penting bagi sekolab, maka di dalam penelitian ini Balanced Scorecard dibubungkan dengan kompensasi (insentit).

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 11 Mar 2017 02:40
Last Modified: 11 Mar 2017 02:40
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/29095

Actions (login required)

View Item View Item