Goenawan, Rosalia (2006) Perilaku Konsumen dan Studi Kelayakan Pendirian Klinik Kecantikan untuk Pria Metroseksual di Surabaya. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
TM_2602_Abstrak.pdf Download (79kB) | Preview |
Abstract
Semakin maralmya dunia bisnis kecantikan wanita yang akhir-akhir tm menimbulkan pengaruh untuk kaum pria. Pria merasa juga memerlukan berbagai perawatan yang dilakukan wanita, dikarenakan tuntutan pekerjaan yang mengbaruskan berpenampilan eksklusif maupun pengaruh-pengaruh budaya asing. Membuat adanya peluang bisnis baru dalam bidang kecantikan pria yang belum banyak disentub para investor-investor. Pria-pria ini yang disebut pria metroseksual yang sangat mementingkan penampilan mereka. Investor harus oennat dalam mencari peluang untuk membuka bisnis baru yang bersangkutan dengan fisik pria, maka dibutubkan pengamatan perilaku konsumen khusus pria Maka dilakukan survei terhadap 400 responden, menyatakan pria Surabaya memperhatikan penarnpilan wajab. Dari hasil survei diatas menunjukkan adanya peluang bisnis baru di bidang perawatan W>\iah, maka dilakukan perhitungan studi kelayakan pendirian klinik kecantikan pria di Surabaya Penelitian ini dilakukan dengan penyebaran kuesioner di beberapa piasa terkemuka di Surabaya seperti Piasa Tunjungan dan Pakuwon Trade Center, dimana piasa-piasa ini pengunjungnya dapat mewakili pria Surabaya Penyebaran kuesioner ini dilakukan pada tangga115 - 30 Juli 2005. Teknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling dan purposive sampling. Analisis yang dilakukan adalah analisis deskriptif yang menggambarkan bagaimana perilaku pria metroseksual Surabaya terhadap klinik kecantikan, didapatkan bahwa aktivitas yang sering dilakukan saat Sabtu malarn salab hang out ke cafe, melakukan perawatan diri di salon I • 2 kali dalam sebulan, senang bersosialisasi dan memiliki pendapatan diatas Rp 3.000.000/bulan. Untuk pria yang tidak tergolong metroseksual adalah merneiliki pekerjaan sebagai wiraswasta, aktivitas Sabtu malam diisi dengan kegiatan main tennis, pergi kesalon jika ada acara sa,ia dan merniliki penghasilan sebesar Rp 3.000.000 - Rp 4.000.000/bulan Analisis faktor digunakan untuk mengelompokan faktor- faktor agar tidak terjadi penumpukan faktor. Terdapat 12 faktor yang perlu dianalisis dan dilakukan pengelompokan faktor untuk memperrnudab penganalisisan, sehingga didapatkan 3 faktor yaitu faktor .•ervice, faktor nama baik klinik dan faktor internal. Berdasarkan dari basil kuesioner didapatkan keinginan konsumen pria dalam memilih klinik kecantikan seperti harga harus sesuai dengan pelayanan yang diberikan dan mutu yang didapatkan, fasilitas yang disediakan, dokter yang berkualitas, obat yang manjur, referensi pihak lain yang dapat mempengaruhi keputusan pemilihan klinik kecantikan. Selain itu responden menginginkan adanya suatu fasilitas lain yang baru seperti adanya cafe. Studi kelayakan klinik kecantikan pria yang dilakukan dengan memperhatikan 4 aspek yaitu aspek pasar, aspek teknis, aspek manajernen dan aspek keuangan. Aspek pasar didapatkan pennintaan efektif yang .mungkin tetjadi, pasar yang ditargetkan adalah pria-pria yang memiliki penghasilan diatas Rp 3.000.000/bulan. Aspek teknis mengumpulkan peralatan yang dibutubkan serta bangunan yang akan digunakan. Aspek manajemen pengaturan organisasi karyawan, melakukan perencanaan jalannya sebuah klinik, menentukan strategi-strategi untuk memasarkan dan mengembangkan klinik kecantikan tersebut. Seperti melakukan promosi yang dilakukan dengan menciptakan buzz guna mempengaruhi konsumen, pemberian free trial (gratis mencoba) maupun bonus-bonus lainnya Aspek keuangan didapatkan nilai IRR sebesar 57,431% dan nilai MARR sebesar 20% yang berarti proyek pembangunan klinik ini dapat dikatakan layak dilanjutkan.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 13 Mar 2017 03:30 |
Last Modified: | 13 Mar 2017 03:30 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/29096 |
Actions (login required)
View Item |