Chandra, Ferdinand Saputra (2006) Perbaikan Customer Relationship Management Di PT. Asuransi Jiwa Sequis Life. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
TM_2739_Abstrak.pdf Download (75kB) | Preview |
Abstract
Persaingan di bidang usaba asuransi jiwa saat ini terbilang sangat ketat. Terlebih lagi, dengan bermunculannya perusabaan-perusabaan asuransi jiwa yang barn. Tetapi bagi sebuab perusabaan asuransi jiwa yang sehat dan solid, kompetisi ini bisa menjadi sebuab motivasi. Selain itu, agar perusabaan dapat masuk ke dalam persaingan ini, perusabaan tersebut hams menempatkan konsumen sebagai prioritas utama. Suatu relationship antara perusabaan dengan konsumen akan sangat berpengaruh terhadap hal tersebut. Hal ini dikarenakan melalui relationship atau hubungan 2 arab yaitu antara perusabaan dengan konsumen akan dapat diketahui apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan konsumen yang selama ini belum diketahui oleh perusabaan. Salab satu perusabaan asuransi jiwa yang termotivasi dengan keadaan di atas adalab PT. Asuransi Jiwa "Sequis Life" Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi CRM yang telab dilakukan oleh perusabaan dengan melihat dari aspek kepuasan para pelanggannya, loyalitas pelanggannya serta tingkat hubungan antara perusabaan dengan pelanggannya. Pada penelitian ini dilakukan beberapa analisis yaitu analisis deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui latar belakang nasabab; analisis kepuasan yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan para nasabab; analisis loyalitas yang bertujuan untuk mengetahui pengelompokkan tingkat loyalitas yang terjadi; analisis hubungan untuk mengetahui pengelompokkan tingkat hubungan yang terjadi; analisis crosstabs yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya ketergantungan antara pengelompokan nasabab dengan variabel latar belakang; analisis korelasi bertujuan untuk mengetahui dua hal pada hubungan antar dua variabel; analisis path bertujuan untuk hubungan kausal antara dua atau lebih variabel. Berdasarkan basil analisis kepuasan diperoleh babwa dimensi tangible sangat berpengaruh terhadap kepuasan nasabab (mean 4.25), sedangkan untuk dimensi reliability (mean 4.07), dimensi responsiveness (mean 3.94), dimensi assurance (mean 4.04), dimensi emphaty (mean 4.10). Pada analisis loyalitas didapatkan data babwa nasabab yang masuk ke dalam kelompok inertia loyalty betjumlab 18 ormang (18%), latent loyatly berjumlab 50 orang (50%), premium loyalty berjumlab 32 orang• Sedangkan pada analisis tingkat hubungan diperoleh rata-rata nasabab termasuk ke dalam kelompok hubungan tatap muka (mean 3.69). Untuk analisis crosstabs berdasarkan latar belakang babwa antara pertama kali mengenal "Sequis Life" dan alasan utama memilih "Sequis Life" saling berhubungan dengan kelompok nasabab. Analisis korelasi terlihat babwa ada hubungan antara kepuasan I dengan loyalitas I (0.284), ada hubungan antara kepuasan I dengan loyalitas 4 (0.202), ada hubungan antara kepuasan 5 dengan loyalitas 8 (0.214). Untuk basil analisis path diperoleh babwa dimensi tangible berpengaruh positif terhadap dimensi loyalitas (P value = 0.004, T value dan Standardized regression weight estimates bemilai positif). Dari basil keseluruhan analisis yang dilakukan diharapkan dengan mengetahui kepuasan, loyalitas dan hubungan nasabab, PT. Asuransi Jiwa "Sequis Life" dapat menentukan strategi perbaikan yang tepat untuk nasabab yang mereka punyai sehingga dengan strategi perbaikan yang ada, kepuasan nasabab, loyalitas nasabab, hubungan nasabab dapat meningkat ke arab yang lebih baik. Strategi perbaikan CRM usulan yang dirancang untuk PT. Asuransi Jiwa "Sequis Life" dibagi menjadi 4 tahapan, yaitu: financial bond, social bond, business bond, structural bond.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 13 Mar 2017 06:07 |
Last Modified: | 13 Mar 2017 06:07 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/29098 |
Actions (login required)
View Item |