Hadiman, Nicodemus (2005) Analisis Posisi Pelumas Adnoc Dibandingkan dengan Pesaing untuk Menunjang Strategi Pemasaran di UD. Sahabat Artha Nusa, Surabaya. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
TM_2400_Abstrak.pdf Download (68kB) | Preview |
Abstract
UD. Sahabat Artha Nusa merupakan distributor pelumas impor bermerk dagang Adnoc, memiliki wilayah pendistribusian Jawa Timur. Sebagai pemain barn di pasar yang kompetitif ini UD.Sababat Artha Nusa ingin mengetahui bagaimana posisi pelurnas Adnoc di mala pengguna pelumas impor, aspek apa yang menjadi keunggulan dibandingkan pesaing dan aspek apa yang menjadi kelemahannya, sehingga dapat diketabui bagaimana respon pasar terhadap pelumas Adnoc dalam kurun waktu kurang lebih setahun ini. Penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner di outlet pelumas dan di tempat urnurn. Responden yang dipilih ialah responden yang menggunakan pelumas impor dan paham mengenai pelumas yang dibutuhkan oleh kendaraannya. Responden sendiri akan dibedakan menjadi dua yaitu responden pengguna Adnoc dan bukan pengguna Adnoc. Pembedaan ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada hal yang membedakan antara pengguna pelumas Adnoc dan bukan pengguna pelurnas Adnoc, sehingga diketahui hal apa yang dianggap memberi manfaat lebih oleh pengguna pelumas Adnoc tapi belum disadari oleh responden bukan pengguna pelumas Adnoc. Dengan menggunakan analisa deskriptif diketahui mayoritas responden pengguna Adnoc berusia 35-44tahun (30"/o), memiliki kendaraan buatan 2000-2004 (42%), melakukan penggantian merk 3-4kali dalam setahun (54%), kembali ke outlet lain waktu bila tidal< menemukan pelumas yang dicari (55%), mengetahui pelumas yang digunakan dari outlet penjual (68%), periode penggantian pelumasnya I0.00!-15.000km (68%) dan menganggarkan Rp30.000-40.000/liter untuk membeli pelumas (52"/o). Dari hasil uji crosstabs diketahui ada perbedaan pada profil pengguna Adnoc dan bukan pengguna Adnoc yaitu pada variabel intensitas penggantian merk pelumas dalam setahun, yang dilakukan jika pelumas tidak tersedia di outlet saat hendak repeat buying, informasi mengenai pelumas yang digunakan, periode penggantian pelumas dan anggaran dalarn membeli pelumas. Sedang pada uji manova bagian alasan pemilihan pelumas, perbedaan terdapat pada variabel fimatik merk dan gengsi. Pada analisa MDS responden pengguna Adnoc diketahui bahwa Adnoc unggul dalam hal harga dan bonus serta memiliki kualitas yang bagus tetapi da1am hal kernudaban mendapat banyak responden yang mengeluhkan bahwa pelurnas Adnoc sulit dicari. Pada analisa responden bukan pengguna adnoc diketahui bahwa pelumas Adnoc ungul da1am hal bonus, da1arn hal harga dan kualitas pelumas Adnoc bisa dikatakan rata rata tidak memiliki keistimewaan lebih dibanding pelumas impor pesaing, sedang dalarn hal kemudahan mendapat responden ini berpendapat tidak banyak outlet pelumas yang menjual pelumas Adnoc. Dari informasi yang diperoleh, akan dijadikan acuan dalam melakukan perbaikan dan menyusun strategi pemasaran bagi UD.Sahabat Artha Nusa. Adapun variabel yang diutarnakan untuk diadakan perbaikan adalah kernudahan mendapat, disarankan agar pihak distributor memperbanyak outlet rekanan yang menjual Adnoc sehingga konsumen tidak mengalarni kesulitan dalam mernbeli pelurnas Adnoc.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 18 Mar 2017 03:04 |
Last Modified: | 18 Mar 2017 03:04 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/29209 |
Actions (login required)
View Item |