Analisa Loyalitas Konsumen Di Mc Donald's Cabang Sinar Fontana Margorejo

Sugiarta, Go (1999) Analisa Loyalitas Konsumen Di Mc Donald's Cabang Sinar Fontana Margorejo. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/230990

Abstract

Dengan semakin meningkatnya jumlah penduduk di Indonesia, maka kebutuhan pokok penduduk meningkat juga Salah satu kebutuhan pokok itu adalah makan dan minum. Oleh karena itu banyak produsen yang memproduksi makanan dan minuman. Salah satunya adalah restaurant fast food yang menyediakan makanan dan minuman yang cepat penyajiannya. Restaurant fast food banyak didirikan di pusat-pusat lokasi perbelanjaan dan juga di daerah-daerah pusat kota karena kebutuhan konsumen akan makanan dan minuman yang serba cepat dan praktis. Hal inilah yang menyebabkan timbulnya persaingan yang ketat antar restaurant tersebut mengingat konsumen selalu menginginkan yang terbaik, baik dalam hal mutu, kualitas, variasi makanan dan minuman, pelayanan, dan lain-lain. Dalam memenuhi keinginan konsumen tersebut, dilakukan penelitian untuk mengetahui karakteristik konsumen maupun hal-hal pokok tentang penilaian konsumen terbadap salah satu restaurant fast food yaitu Mc Donald's Cabang Sinar Fontana Margorejo. Dengan penelitian ini diharapkan dapat diketahui keinginan konsumen sehingga dapat memenuhi kepuasan konsumen dengan memberi usulan strategi pemasaran yang telah ada. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif untuk mengetahui latar belakang konsumen secara umum, analisa cluster untuk mengelompokkan konsumen berdasarkan loyalitas konsumen yang kemudian dilanjutkan dengan analisis diskriminan untuk mengetahui prosentase kebenaran pengelompokan dan mencari variabel yang membedakan cluster tersebut. Analisa selanjutnya adalah analisa ketergantungan bertujuan mengetahui faktor demografi yang mempengaruhi cluster yang terbentuk. Kemudian diadakan analisa kuadran yang bertujuan untuk mengetahui variabel-variabel yang menjadi kelemahan dari masing-masing kelompok cluster yang terbentuk. Dan selanjutnya dapat digunakan untuk memberi usulan kepada Mc Donald's Cabang Sinar Fontana Margorejo. Setelah itu memposisikan merek yaitu Mc Donald's yang bertujuan untuk menentukan posisi dan mencari perbedaan dari Mc Donald's dengan pesaing melalui penilaian konsumen. Dari hasil pengolahan data dapat diketahui bahwa konsumen Mc Donald's terbagi menjadi dua kelompok, dimana kelompok satu mempunyai tingkat loyalitas yang lebih tinggi dari pada kelompok kedua. Selain itu kelompok pertama mempunyai kepuasan yang lebih rendah daripada kelompok kedua. Sedangkan ditinjau dari posisi merek, bagi kelompok pertama, Mc Donald's lebih unggul dalam rasa makanan dan minuman sedangkan bagi kelompok kedua, Mc Donald's lebih unggul dalam hal rasa, pelayanan dan harga

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Karyono
Date Deposited: 18 Jan 2013 08:13
Last Modified: 18 Jan 2013 08:13
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/2929

Actions (login required)

View Item View Item