Sheldiana, Wirawan (2007) Perancangan Algoritma Sistem Distribusi dan Reverse Logistics pada Industri Air Minum dalam Kemasan (AMDK) ( Studi Kasus di PT. Tirta Investama Surabaya). [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
TM_2783_Abstrak.pdf Download (83kB) | Preview |
Abstract
Vehicle Routing Problem (VRP) merupakan salah satu metode untuk mengatasi masalah dalam menyusunjalur armada untuk meminimasijarak tempuh tetapijuga hams memenuhi kapasitas yang ada. Banyak metode yang diciptakan dan dikembangkan tetapi sangat terbatas yang sudah diaplikasikan di duuia nyata. Ada banyak metode VRP yang ada, tetapi pada Tugas Akhir ini khusus membahas metode Vehicle Routing Problem with Simultaneous Deliveries and Pickups (VRPSDP). Hal ini dikarenakan sistem distribusi dan transportasi yang juga mempertimbangkan reverse logistics tersebut sudah banyak diterapkan di beberapa perusahaan dengan alasan efisiensi dalam segi waktu, tenaga, dan biaya yang timbul untuk memenuhi kebutuhan pelanggan tetapi masih belum ada yang menggunakan salah satu dari metode VRP yang sudah dikembangkan. Dari studi literatur ditetapkan jurnal acuan untuk merancang suatu algoritrna yang dapat disesuaikan dengan kondisi nyata. Artikel jurnal acuan yang merupakan bahasan dari Chen dan Wu (2006) membahas 2 algoritrna VRPSDP, yaitu algoritrna Proc_Ins yang dapat menghasilkan solusi awal yang cukup baik dan dikembangkan dengan algoritrna HeuSDP sehingga dapat menghasilkan keputusan yang lebih baik lagi dan lebih mendekati solusi optimal. Pada Tugas Akhir ini untuk mendapatkan suatu solusi akhir adalah dengan pendekatan secara henristik dan dijalankan dengan bantuan program aplikasi di software Microsoft Visual Basic 6.0. Selain itu, desain user inteiface dilakukan untuk memudahkan dan mempercepat dalam mendapatkan solusi akhir. Sebelum dilakukan perancangan algoritrna VRPSDP usulan perlu adanya ujicoba terhadap algoritrna awal dari artikel jumal acuan tersebut yang mernpunyai tingkat kualitas solusi 7,24% dari solusi algoritrna awal tetapi masih masuk dalam batas toleransi (10%). Perancangan algoritrna usulan dilakukan berdasarkan studi pustaka dan literatur dimana algoritrna awal ini tidak dapat menyelesaikan problem VRPSDP yang memiliki suatu permintaan yang dapat melebihi kapasitas annada, baik itu permintaan delivery maupun pickup. Studi kasus untuk menerapkan algoritrna diambil pada salah satu perusahaan yang menerapkan sistem delivery manpun pickup secara simultan yaitu PT. Tirta Investama Depo Rungkut Surabaya yang menerapkan metode Blocking Area untuk pendistribusiannya sedangkan transportasinya menggunakan pengalaman driver. Dari basil penelitian pada salah satu produknya AQUA galon (netto 19 liter) dan area pendistribusiannya yaitu DOS terbukti bahwa algoritrna usulan mampu menghasilkan solusi yang cukup baik daripada kondisi awal perusahaan saat ini. Rata-rata penghematan setiap harinya apabila menerapkan algoritrna untuk waktu pelayanan adalah sebesar 8,67% (53 menit), untuk tutal jarak terupuh adalah sebesar 7,80% (5,06 kilometer), dan rata-rata peningkatan utilitas armada per harinya adalah sebesar 9, 08%. Tugas Akhir ini juga membahas studi kasus usulan untuk perusahaan dalam mengatasi permintaan probabilistik yang berfluktuatif setiap barinya. Saat ini perusahaan selalu mengatasinya dengan mengisi penuh armada. Penyelesaian yang diusulkan adalah dengan menggunakan metode peramalan yang mempertimbangkan Safety Stock (SS). Setelah dibandingkan dengan sistem perusahaan saat ini yang hanya melihat periode sebelurnnya Sl\ia, ternyata usulan mernberikan solusi yang lebih baik dengan menyeimbangkan setiap utilisasi armada per ratenya dan mengalami rata-rata peningkatan per harinya 20,10% serta memberikan penghematan pada jalur yang ditempuh dengan rata-rata per barinya adalah 4,35%. Studi kasus untuk menvalidasi algoritrna usulan pun juga dilakukan dan menghasilkan suatu jalur, panjang jalur (jarak ternpuh), jumlah armada yang dipakai, jumlah pelanggan yang dilayani, dan suatu dummy untuk membantu penyelesaian algoritrna HeuSDP yang tidak memperbolehkan adanya suatu perulangan identitas pelanggan berdasarkan data (customer ID) yang dapat menyebabkan error.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 23 Mar 2017 10:13 |
Last Modified: | 23 Mar 2017 10:13 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/29313 |
Actions (login required)
View Item |