Analisis Kualitas Layanan Multiplayer Online Gamezone dengan Multiplayer Online Pinky

Wijaya, Lukas (2005) Analisis Kualitas Layanan Multiplayer Online Gamezone dengan Multiplayer Online Pinky. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_2817_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TM_2817_Abstrak.pdf

Download (77kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/135171

Abstract

Saat ini persaingan antar multiplayer online semakin ketat, tidak hanya mutu saja vang mempengaruhi tetapi juga fasilitas serta layanan yang ada di multiplayer online tersebut. Oleh sebab itu untuk memenangkan persaingan yang semakin ketat diperlukan peningkatan kualitas dari fasilitas dan pelayanan multiplayer online tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk menemukan kelemahan dan kelebihan dari multiplayer online GameZone dan pesaingnya khususnya multiplayer online Pinky, sehingga dapat dilakukan perbaikan dan peningkatan kualitas fasilitas layanan di multiplayer online GameZone. Pertama-tama dilakukan pengamatan dan wawancara yang dilanjutkan dengan penyebaran kuesioner kepada konsumen di multiplayer online GameZone dan multiplayer online Pinky. Hal ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepentingan dan tingkat kepuasan terhadap kualitas layanan di masing-masing multipiayer. Dari hasil analisis deskriptif untuk multiplayer online GameZone diperoleh dimensi yang dianggap penting adalah responsiveness (4.39) dan dimensi yang mempunyai kepuasan tertinggi adalah tangibles (3.62). Sedangkan untuk multiplayer online Pinky adalah reliability (4.38) untuk dimensi yang dianggap penting dan dimensi emphaty (3.74) yang mempunyai kepuasan tertinggi. Dari analisis ketergantungan berdasarkan profil responden terlihat bahwa jenis kelamin, pekerjaan pelajar, pekerjaan wiraswasta dan pekerjaan di kantor, mengenal multiplayer dari brosur dan teman berhubungan dependen dengan multiplayer (GameZone dan Pinky). Dari analisis perbedaan mean dengan metode Manova terlihat bahwa terdapat perbedaan mean dan tidak terdapat perbedaan mean antar multiplayer untuk tingkat kepentingan dan kepuasan pada kelima dimensinya. Dari analisis kelemahan dan keunggulan multiplayer online GameZone didapatkan variabel­ variabel mana saja yang menjadi keunggulan yang harus di pertahankan dan ditingkatkan pada tiap dimensi sebagai berikut: Jumlah komputer dan koneksi internet yang cukup, Pengaturan program dan games terbaru (patch, games dsb), Kemampuan karyawan dalam melayani keperluan pelanggan, Kemampuan karyawan menjaga keamanan ( misal: barang, data dan kode program/games konsumen, parkir dsb), Kesopanan karyawan dalam memberikan pengarahan kepada pelanggan. Selain keunggulan juga di dapatkan variabel mana saja yang menjadi kelemahan yang perlu mendapatkan perhatian khusus dan perlu ditingkatkan kualitas layanannya pada tiap dimensi sebagai berikut. luas parkiran multiplayer online, peralatan multiplayer yang terbaru dan sesuai dengan perkembangan program dan games, kecepatan karyawan dalam memberikan respon terhadap kesulitan-kesulitan konsumen, kecepatan pemberian solusi oleh karyawan atas kesulitan-kesulitan konsumen, sikap karyawan dan petugas parkir. Berdasarkan hasil wawancara dan pengamatan, untuk kelemahan luas parkiran parkir tidak dapat diperbaiki karena letak dari multiplayer GameZone yang berada di tengah-tengah pertokoan sehingga lahan untuk menambah luas parkiran hampir tidak ada. Untuk kelemahan peralatan multiplayer yang terbaru dan sesuai dengan perkembangan program dan games dapat dilakukan pembaharuan secara bertahap. Hasil dari analisis ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada pihak multiplayer online GameZone yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan multiplayer online GameZone sehingga menjadi lebih baik.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 24 Mar 2017 09:15
Last Modified: 24 Mar 2017 09:15
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/29336

Actions (login required)

View Item View Item