Analisis Brand Personality pada Restoran Pro Steak

Christian, Daniel (2007) Analisis Brand Personality pada Restoran Pro Steak. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_2788_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TM_2788_Abstrak.pdf

Download (78kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/135033

Abstract

Menghadapi persaingan pasar yang semakin ketal saat ini, suatu perusahaan kini tidak bisa lagi hanya mengandalkan kekuatan merle nya saja Hal ini juga berlaku bagi Pro Steak, dirnana saat ini begitu banyak restoran steak baru yang terus bermunculan. Untuk itulah Pro Steak berusaha menonjolkan brrmd personality nya Penelitian dilakukan dengan menggwtakan pengukuran variabel-variabel demografis, brrmd personality, dan gaya hidup konsumen Dari sana dapat diketahui apakah brand personality yang menjadi salah satu andalan bagi sebagian besar upscale restoran, dalam hal ini Pro Steak dalam mempertahankan keunggulan bersaing dapat diterima dengan baik atau tidak oleh konswnennya Oleh karena itu maka sangatlah perlu dilakukan pembandingan dengan restoran sejenis (benchmarking), yang selanjutnya akan digunakan dalam menyusun strategi pemasaran yang baru. Data yang terkumpul dari penyebaran kuesioner kepada I SO responden kemudian diolah menggunakan statistik deskriptif, crosstabs, kemudian manova. Dari situ diketahui bahwa tipe psikografis yang dominan adalah Savvy Conqueror (40.7%), Networking Pleasure Seeker (23.3%). dan Spontaneous Fun Loving (16.7%). Ketiga segmen ini umumnya berasal dari golongan sosial ekonomi menengah atas, sehingga telah sesuai dengan target pasar yang dituju Pro Steak. Konsumen memandang personalitas Pro Steak sebagai Sophistication (70.2%) dan Lompetence (62.23%), untuk Black Angus konsumen memandang personalitas Black Angus sebagai Sophistication(11.16%) dan Excitement (53.57%). Sophistication dijabarkan sebagai kaum the have, kebarat-baratan, dan glamour. Dimensi ini memiliki ego-orientation yang jelas, Glamour, Pretentious, Wealthy, Condescending merupakan cirinya Pada Prime Steak konsumen memandangnya merniliki personalitas Excitement (75.13%) dan Sophistication (49.51"Ai~ Excitement terdiri dari trendi, up to date dan beljiwa muda Ciri utama dimensi ini adalah provokatif, imajinatif dan jiwa muda Dari basil analisis crosstabs, ada 22 variabel yang merniliki ketergantungan diantara kelompok konsumen. Dari basil analisis MANOVA pada Pro Steak dan Black Angus tidak perlu dilakukan uji pairwise karena tidak tolak Ho, hal ini berarti tidak ada perbedaan brrmd personalitynya Untuk Prime Steak dilakukan uji pairwise karena tolak Ho, hasilnya terdapat 3 variabel yang merniliki perbedaan penilaian. Untuk uji MANOVA yang membandingkan Pro Steak, Prime Steak, dan Black Angus juga tolak Ho, sehingga perlu dilakukan uji pairwise hasilnya terdapat 10 variabel yang memiliki perbedaan penilaian. Berdasarkan analisis benchmarking Pro Steak juga masih memiliki beberapa kekurangan, yaitu harga yang lebih mahal dari Prime Steak dan kurang memiliki ciri yang unik. Pada strategi pemasaran baru diusulkan untuk lebih memperhatikan target pasamya yang berusia 20-30 tahun karena jumlah terbesar konsumen Pro Steak adalah. dari usia ini, meningkatkan ketersediaan menu yang menjadi best sellers, memakai konsep resto and caft, hal ini disesuaikan dengan gaya hidup konsumen Pro Steak yang mayoritas suka nongkrong di cafe apabila merniliki waktu luang, menambah gerai di luar kota, mernbuat target waktu pelayanan konsumen dan memberi servis ekstra ke konsumen jika target terlampaui, mengingat brand personality Pro Steak adalah sophistication yang identik dengan kaum the have maka pelayanan adalah hal yang harus diperhatikan betul. Menambah sarana promosi lewat iklan majalah dan swat kabar, memberikan diskon pada jam-jam tertentu, serta memperbanyak inovasi memunculkan menu-menu yang baru juga bisa di1akukan untuk meningkatkan penjualan.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 27 Mar 2017 01:33
Last Modified: 27 Mar 2017 01:33
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/29339

Actions (login required)

View Item View Item