Penerapan Metode 5S di Toko Komputer Deim Mojokerto

Kristiani, Yani (2007) Penerapan Metode 5S di Toko Komputer Deim Mojokerto. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TI_2871_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TI_2871_Abstrak.pdf

Download (205kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/135006

Abstract

Toko Deim adalah salah satu distributor komputer di kota Mojokerto. Dengan adanya toko komputer yang sangat banyak maka muncuf persaingan yang ketat dalam hal pelayanan (service). Saat ini toko Deim memiliki pelayanan yang lama di bagian pembelian dan penjualan karena terdapat proses mencari barang yang dibutubkan. Toko Deim juga terkadang kehilangan barang dagangan yang disimpan. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, salah satu faktor tersebut yaitu adanya sistem pencatatan yang belum baik. Pada bagian servis komputer juga memiliki gejala yang hampir sama yaitu adanya proses mencari alat untuk melakukan servis komputer. Proses menca.ri barang tersebut disebabkan oleb penataan barang yang tidak teratur. Setelah dilakukan pengamatan dan wawancara di Japangan didapatkan bahwa tempat kerja yang ada tidak teratur karena Jrurangnya perhatian pegawai terbadap kerapian tempat kelja. Usaha yang akan dilakukan yaitu dengan menerapkan metode SS di toko Deim karena metode ini dapat menciptakan tempat kerja dan perilalru pegawai yang baik, dan merupakan program internal peoerapan SS di toko Deim sehingga diharapkan dapat mempcmn~ proses mencari barang, mengbemat waktu dalam mencari dan mengambil barang yang dibutubkan, memperlancar ruang gerak di toko Deim karen& barang tertata dengan baik, memberi semangat dalam bekerja karena kondisi kerja yang bersih dan rapi sehingga kecepatan pelayanan di toko komputer Deim dapat ditingkatkan. Setelah dilakukan perbaikan dengan metode SS yang dilakukan selama 6 bulan yaitu selama bulan Agustus 2006 sampai dengan Januari 2007, temyata terjadi penunman prosentase idle pegawai toko Deim, terjadi peningkatan grand mean kepuasan pelanggan yang datang ke took dengan prosentase kenaikan sebesar 2%. Teijadi peningkatan grand mean kepuasan pegawai, untuk pegawai stan Duta Service prosentase kenaikan sebesar 13%. Sedangkan untuk pegawai stan Firstline prosentase kenaikan sebesar 21%. Berdasarkan basil uji statistik, untuk pelanggan menggunakan uji Z dengan sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi perubahan antara sebelum dengan sesudah penerapan SS. Sedangkan untuk pegawai menggunakan paired sample T -test sehingga dapat disimpulkan terjadi perubaban antara sebelum dengan sesudah penerapan SS di kedua stan toko Deim. 5S mampu melakukan perbaikan di toko Deim, seperti barang di rak etalase bagian penjualan telah tertata rapi sehingga memudahkan pencarian barang, untuk barang di rak penyimpanan bagiao gudang tert.ata rapi dengan menggunakan clustering model, untuk bagian belakang Duta Service terjadi penambahan rak yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan, sedangkan untuk bagian depan Duta Service terjadi pengurangan meja keJja sehingga ruangan terlihat lebib luas.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Jumagi 197012
Date Deposited: 31 Mar 2017 03:42
Last Modified: 31 Mar 2017 03:42
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/29397

Actions (login required)

View Item View Item