Analisis Dimensi Yang Memmpengaruhi Tingkat Kegagalan Distributor Multi Level Marketing Di PT. Orindo Alam Ayu Indonesia

Tasidjawa, Frengky (2004) Analisis Dimensi Yang Memmpengaruhi Tingkat Kegagalan Distributor Multi Level Marketing Di PT. Orindo Alam Ayu Indonesia. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_2315_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TM_2315_Abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/135551

Abstract

Salah satu sistem pemasaran altematif yang digunakan oleh perusabaan baik asing maupun dalam negeri ada1ah MLM (Multi Level Marketing). Sistem pemasaran dengan cam W..M ini memangkas jalur distribusi yang panjang seperti didalam penjualan k:oovensional Oriflame merupakan sa1ah satu perusabaan yang memasarbn produlmya dengan sistem pemasarnn MLM. Produk yang dipasarkan adalah produk k:osmetik dan perawatan wajah serta tubuh. Dengan sistem pemasaran yang menggunakan W..M maka k:eberbasilan perusabaan sangat tergantung pada pembelian produk: yang berkesinamhungan dan per:luasan .@rin.gan distnbutor. Distributor dapat mengalami keberhasilan maupun kegagalan. Hal itu dapat ~garuhi betbagai fak:tor, yaitu : Motivasi bergabung, fok.us, knowledge (pengelahuan), prospecting, relationship ( hubungan baik), duplikasi. dan perusabaan itu sendiri. Untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan yang dialami oleh seorang distnbutor di perusabaan MLM ini dan motivasi bergabung;·.j)erlu di1akukan analisis deskriptif pada masing-masing dimensi (motivasi, folrus, knowledge, prospecting, relationship, duplikasi dan perusahaan). Dimensi yang menyebabkan k:egagaJan. kemudiao diperbaiki agar distributor dapat berhasil betbisois di perusabaan MLM ini. Pada peoelitian ini, sampel yang diambil adalah distributor PI'. Orindo Alam Ayu Indonesia yang berdomisili di kota Smabaya antara bulan Januari 2002 sampai dcngan Desember 2002. jengumpuian data berlanggmg dalam tiga tabap yaitu wawancara 15 orang distributor PT. Orindo Alam Ayu Indonesia yang mengalami kegagalan (5 sampai 9 September 2003), presampling kepada 20 distributor PT. Orindo Alam Ayu Indonesia (11 sampai 17 September 2003) dan jumlah responden yang terkumpul pada sampling yaitu 200 orang distnbutor yang ft\engalami kegagalan. (20 September sampai 11 Ok:tober 2003). Tempel Pengumpu1an data di kantor PT. Orindo Alam Ayu lndonesiajalan Dipooegoro no. 107 Surabaya, dengan a1asan bahwa tempat ini biasanya dikunjungi distributor-distributor untuk melakukan segala macam kegiatan bi.snis yang berlwbungan dengan keanggotaannya sebagai distributor MLM PT. Orindo Alam Ayu Indonesia Hasil yang diperoleh distributor banyak: mengabuni k:egagalan disebabkan oleh dimensi fokus yang dimiliki sangat reodahfjuga terdapat peibedaan 1atar belakang motivasi yang dimiliki distributor disebabkan oldl jeois k:elamin sehingga dipertuk:an usaba-usaba perbaikan untuk meminimalkan tingkat kega~lan agar dapat rnmingk:atkan k:eberbasilan distributor dalam belbisnis di PT. Orindo Alam Ayu Indonesia.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Jumagi 197012
Date Deposited: 31 Mar 2017 06:53
Last Modified: 31 Mar 2017 06:53
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/29411

Actions (login required)

View Item View Item