Analisa Ekspektasi Dan Persepsi Distributor Di PT Triple-S Untuk Menigkatkan Daya Saing

Yusiana, Fifi (2004) Analisa Ekspektasi Dan Persepsi Distributor Di PT Triple-S Untuk Menigkatkan Daya Saing. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_2302_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TM_2302_Abstrak.pdf

Download (133kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/135603

Abstract

Dalam era globalisasi ini persaingan bisnis menjadi sangat tajam, baik di pasar domestik (nasional) maupun di pasar global (intemasiooal). Untuk memenangkan persaingan, perusahaan barus mampu mengikuti arus perkembangan yang ada, dan mampu membenlcan kepuasan kepada para pelanggannya. Dengan makin tajamnya persaingan maka perusahaan hams dapat mengatasi tiap kendala dalam mencapai tujQ8DJlya dengan cam berpikir lebih kreatif dan bertindak bijaksana. Salah satu cara pemasaran menarik adalah dengan memberi peluang usaha pada masyarak.at luas yang nantinya dapat memberi kontribusi keuntungan dalam jumlah cukup besar bagi perusahaan, yaitu dengan mengg1,1D8kan strategi pemasaran Direct Selling. yang kemudian berkembang menjadi Multi Level Marketing. Penelitian tugas akhir ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi lrualitas layanan dari sudut pandang para distributor, setta mengetahui tingkat kesenjangan antara ekspektasi dan persepsi, yang akhimya memberikan altematif perbaikan yang berguna dalam meningkatkan jmnlab distributor dan volume penjualan di PT. Triple-S. Penelitian di1alrukan dengan cara menyebarkan lruesioner dan wawancara kapada 200 orang distributor secara acak. Metode analisis data yang digunakan adalab analisis Deskriptit: analisis Manova, analisis Crosstabs dan analisis Gap 5. Hasil yang diperoleb dari metode analisis yang telah digunakan yaitu faktor-faktor yang melatarbelakangi seseorang memilib untuk menjadi distributor PT.Triple-S adalah karena bonus yang menjanjikan sebesar 35,5%, tertarik me1ihat kesuksesan seseorang distributor sebesar 27,So/o, produk Triple-S yang murah tapi berkualitas sebesar 21%, profil J>etl:lsahaan, sebagai anak pemsahaan PT.Sido Muncul 13,S%, lwena alasan fain-lain sebesar 2%, dan karena sistem training yang diterapkan sebesar 0,5%. Dan secara garis besar, terbentuk tiga kelompok distributor berdasarkan jenjangnya, yaitu ~lompok d.istnbutor, kelompok manager, dan kelompok direktur. Distributor 1 dan Distributor 2 disebut ke1ompok distributor, kemudian Asisten Manager dan Manager disebut kelompok manager, sedangkan Asisten Direktur, Wakil Direktur. Direktur, Wakil Direktw" Eksekutit: dan Direktur Eksekutif dikelompokkan menjadi satu dan disebut kategori direktur. Setelab melihat basil analisis data dari variabel ketiga kelompok, maka baik dari kelompok distnoutor, kelompok manager, maupun kelompok direktur masib belum dapat mencapai tingkat kepuasan yang diharapkan sehingga kesimpulan yang didapat diharapkan dapat membantu memperbaiki kualitas layanan dari sudut pand.ang para distributor, serta dibarapkan saran-saran dapat meningkatkan kualitas layanan di PT.TripJe-S.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Jumagi 197012
Date Deposited: 31 Mar 2017 07:34
Last Modified: 31 Mar 2017 07:34
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/29421

Actions (login required)

View Item View Item