Ayuningthyas, Audrey (2006) Hubungan Antara Orientasi Belajar Dan Hasil Belajar. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
UE_22_Abstrak.pdf Download (54kB) | Preview |
Abstract
Orientasi belajar merupakan salah satu aspek gaya belajar, yaitu aspek metakognitif-afe yang dapat mempengaruhi hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini bersifat eksploratoris, yaitu peneliti ingin mengetahui pola-pola keterkaitan antara orientasi belajar seseorang dengan hasil belajarnya. Penelitian ini menggunakan adaptasi dari angket Vermunt's Learning Style yang menyajikan lima tipe orientasi belajar (orientasi belajar ketertarikan personal, orientasi belajar terhadap sertifikat, orientasi belajar terhadap pekerjaan, orientasi belajar pengujian diri, dan orientasi belajar ambivalen). Hasil belajar mahasiswa diukur dalam capaiannya dalam berbagai jenis asesmen pendidikan yang dilakukan (IPK, kuis, presentasi, tugas ke lapangan dan role play). Peneliti mengambil secara non-random 173 mahasiswa Fakultas Psikologi dari tiga mata kuliah (Observasi dan Interview, Psikologi Kognitif, dan Asesmen Kepribadian). Pemilihan mata kuliah berkaitan dengan perbedaan jenis asesmen yang dilakukan pada setiap kelas. Uji korelasi dilakukan dengan menggunakan Spearman. Temuan dalam penelitian ini adalah adanya pola-pola keterkaitan antara orientasi belajar dan hasil belajar mahasiswa. Artinya, ada pola-pola asesmen atau lingkungan belajar tertentu yang mengakomodasi dan tidak mengakomodasi orientasi belajar tertentu. Penelitian juga memperlihatkan bahwa selain dimensi kognitif, dimensi metakognitif-afektif juga memiliki peran dalam mempengaruhi hasil belajar siswa. Ada pula implikasi praktis dari hasil penelitian terhadap proses pembelajaran.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | orientasi belajar, basil belajar, tipe asesmen. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Eko Wahyudi 197013 |
Date Deposited: | 04 Apr 2017 07:55 |
Last Modified: | 04 Apr 2017 07:55 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/29451 |
Actions (login required)
View Item |