Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Omset Penjualan Di PT Duta Citra Audio Raya

Santoso, Agus (2004) Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Omset Penjualan Di PT Duta Citra Audio Raya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_2304_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TM_2304_Abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/135642

Abstract

!'ada saat ini ada banyalc merek speaker dari produsen yang berbeda~beda telah beredar .di pasaran, sepem Can-non, ACR, .KSV, Tokiwa dan lain-lain. Masing-masing merek befll.Saha memuaskan kebutuhan dan keinginao konsumen dengan menawark<ln berbagai altetnatif pilihan ~lam berb.agai Ukuran, bentuk: dan kualitas yang berbeda-Qf:da. Unt~ iebih menarik pelanggannya1 pihak perusahaan berusaha untuk memenulti kebutuhan dan keinginan pelanggannya yang·nantinyaakanmenyebabkan pelanggannya menjadi puas dan loyal. Penelitian mi dilakukan dengan tal"ll melakukan penyebanut kuesioner di P.asar Genteng d.,m dititipkan di PT.Duta Citra Audio Raya. Hal ini dila.I.."Ukan untuk mengetahui tin~at kepeotingan dan kepua~'all.konsumen dan toko terhadap variabe!-variabet yang sudah ditent\l.kan dan dikelompokkan berd3.$llrkan marketir1g mix (unlll.k konsumen), yaitu prodUct, price, pluce, promotion, (!an berdasarkan.deli\lery1 cost dan .servrce qualifY (untuk toko). Dari hasil pene1itian, responden terbagl merijadi dua cluster yaitu cluster l adalah responden yatrg nienjadi pelangg;m lrurang dati sama dengan ;3 1ahun dan cluster 2 adalah respc;mden yang meojadi pelanggan Jebih dari 3 tahun. Pembagiao konsumen menjadi dua kelom~ lauena berilasmkan tujuan_dari penelitian inl yaitu penenruao !ttrat~gi pemasaran unlll.k meniogkatkan omset penJualaQ, sehingga diasumsikan pelanggan. yang telah meojadi pelanggan' lebih dari 3 tahun tnelal.:ukan order secam repetiiif. Dari pengolaban data pad.a koosumen di~patkan bat ·sebagal benlkut-Pada analisis tingkatan loyalitas didapatkan basil bahwa konsumen cluster I cenderung memiliki lingkatan menyukai merek {4lr4%) sedanp koo~umen cluster 2 ceoderuog memiliki tingkatlm loyalitas komitmen (38,1%). tfntuk mengetahui latar be!akan.g. responden didapatkan bahwa mayoritas untuk ctuster 1 berusia <25 tahun (37,9%). mempunyai pekeljaan sebaga1 pelajar/mallasiswa (48,3%), memiliki peogeluaran untok membeli .speaker antata' Rp.'30000,-Rp.40000,-(37,9%) dan memiliki luji.!Bn pembelian untuk dipakai sendiri (93,1 %). Sedangkan mayoritas untuk clus.ter 2 ber:usia 25-35 tah.un (61,9%), bekerja pada orang lain (47,6%); memilikl pengeluaran untuk membeli speaker Rp.40000,-(42,.9%) dan memillki tujuan "J)embelian untuk dijual lagi (54,8%)~ Sedangkan dari.hasil anal isis l-uadran menunjuK.kan bahwa baik konsUlllen cluster I maupuo cluster 2 ada beberapa variabel yang harus diperbaiki. Perbaikan [tu d.ilakukan. pada varia bel yang masuk pada J.::uadran l dan kuadran 11. Dari pengolahao data pada toko didapatkan hal sebl!gai berikut Untuk meogetabui Jatar bela.kang responden didapatkan basil bahwa m.ayorilas untuk duster I memilih speaker Can-non karena kuafitas yang memuaskan (S3,8%) dan tnendapat toformasi 1entang speaker Can-non dari ternan (76,9%}. Sedangkan mayoritas -untuk. cluster '2 memilih speaker Can-non karena harga yang sesuai (92,6%) dan mendapat lnfom1asi tent:ang spe11ker Can-non dari sales (77,&%). Sedangk.an dari hasH '211alisis kuadran menurtj ukkan bah~'ll baik konsumen clus.ter l maupun cluster 2 ada bebcrapa ·va1iabel yang harus diperbaiki, Perbai);.an iru d.ilakukao pa,da v11riabcl yang masuk pada 'kuagran I dan kuadran II.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Jumagi 197012
Date Deposited: 06 Apr 2017 07:21
Last Modified: 06 Apr 2017 07:21
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/29465

Actions (login required)

View Item View Item