Damayanto, Stevanus (1999) Pengendalian Kualitas Produk Plastik Guna Mengurangi Cacat Di PT. Sinar Bakti. [Undergraduate thesis]
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Masalah Kualitas suatu produk sangat berpengaruh sekali kepada keinginan beli konsumen. Oleh karena itu, masalah kualitas ini sangat menjadi perhatian bagi para pengusaha baik pengusaha dalam industri maupun jasa. Adanya cacat pada produk yang dipasarkan akan mempengaruhi konsumen, sebab konsumen tidak hanya melihat harga yang murah dari produk yang dibeli, tetapi juga memperhatikan kualitas produk. PT. Sinar Bakti merupakan perusahaan plastik yang memproduksi macam macam produk misalnya kantong gula, kantong kresek, dan kantong beras. Banyaknya cacat yang terjadi pada kantong gula sering menyebabkan perusahaan mengalami kerugian baik bahan baku, biaya, waktu dan tenaga kerja. Perusahaan belum mempunyai metode pengendalian kualitas yang baik sehingga tidak diketahuinya faktor-faktor utama penyebab cacat. Dengan adanya masalah tersebut perlu usaha untuk melakukan peningkatan kualitas yang teratur dengan suatu metode yang cocok. Metode statistik dapat membantu untuk menentukan standar kualitas yang baik dan meneliti faktor utama penyebab cacat. Metode yang dipakai antara lain dengan peta kontrol, diagram pareto, diagram ishikawa. Melalui hasil penelitian diketahui bahwa cacat lipat dan ketebalan plastik yang tidak sesuai dengan standar perusahaan merupakan cacat yang paling berpengaruh, sehingga perlu dilakukan usaha perbaikan pada jenis cacat ini untuk mengurangi cacat yang terjadi.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering |
Depositing User: | Karyono |
Date Deposited: | 22 Jan 2013 07:11 |
Last Modified: | 22 Jan 2013 07:11 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/2947 |
Actions (login required)
View Item |