Ariwibowo, Jan (2004) Analisis Perilaku Konsumen Untuk Menetapkan Strategi Pemasaran di Kolam Pancing Tirta Taruna. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
TM_2372_Abstrak.pdf Download (152kB) | Preview |
Abstract
Kolam pancing Tirta Tarwta Lelah berdiri sejak tahun 2001. Pada saar ini kolam pancing dituntut untuk memenangkan persaingan sehingga setiap perusahaan harus memiliki strategi pemasaran yang baik dan tepat sehingga persaingan antara kolam pancing semakin bersaing. Sehingga hal ini menjadikan pibak kolam pancing Tirta Taruna dituntut perlu menyusun, merencanakan, memakai suatu kebijaksanaan stategi pemasaran yang tepat efektif, efisiensi, serta kompetitif agar mampu mempertahankan konsumen yang sudah ada. Usaha yang dapat dilakukan untuk membuat strategi pemasaran yang tepat, dimuJai dengan men_getahui basil wawancara dengan pemilik kolam pancing Tirta Taruna, bahwa kolam pancing Tirta Taruna memilih sebagian besar teratas pada pasar sasarannya pada variabel pekerjaan yaitu pegawai negeri, wiraswasta, dan pegawai swasta. Dimana yang paling mayoritas pengunjung Ti.rta Taruna adalah pekerjaart egawai negeri dan mayoritas konsumen Tirta Taruna adalah laki-laki sebagai prioritas pertama. Untuk penyusunan strategi pemasaran yang tepat pada kolarn pancing Tirta T aruna berdasarkan pada Jatar belakang masalah yaitu karakteristik konswnen kolam pancing Tirta Taruna, pengelompokkan konsumen menurut gaya hidup konsumen Tirta Taruna, mengetahui situasi posisi persaingan kolam pancing Tirta Taruna dengan kolam panciog yang lain. Kuesioner yang disebarkan pada penelitian ini terdiri dari 4 ( empat) bagian kuesioner, yaitu kuesioner 1 mengenai latar belakang dan kebiasaan konsumen yang bertujuan untuk meng~tahui karakteristik dari konsumen Tirta Taruna sehingga metode analisis yang digunakan adalah anaJisis deskriptif, kuesioner ll mengenai pemyataan gaya hidup berdasarkan pola memancing bertujuan untuk mengetahui segmentasi dari konsumen Tirta Taruna sehingga metode anaJisis yang digunakan adalah analisis cluster, k'Uesioner III mengenai perbandingan kolam pancing Tirta Taruna dengan kolam pancing yang lain yang sejenis bertujuan untuk mengetahui situasi persaingan Tirta Taruna multidimensional scaling, kuesioner IV mengenai saran-saran yang ingio konswnen beri.kan kepada pihak Tirta Taruna, agar dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Setelab melakukan pengolahan data pada kuesjoner bagian II yaitu mengenai pemyataan gaya hidup dengan rnenggunakan analisis cfu.,·ter, maka dusler yang dipilih adalah pembagian menjadi 2 ( dua) cluster deogan percent of "group" co"eclly cassified 100%. Bahwa segmen dari Tirta Taruna adalah commander untuk cluster I dan high profile untuk cluster 2. Sedangkan dari pengolahan data multidimenswna/ scaling pada kuesioner bagian UJ didapatkan dari penilaian responden bahwa keunggulan Tirta Taruna adalah jenis ikan dan harga. sehingga dari keunggulan tersebut merupakan positioning konsumen (pemancing) memprioritaskan jenis ikan yang akan dipancing dan harga memancing per jamnya (minimwn 2 jam memancing). Dari hasil crosstabulasi didapatkan bawa konsumen Tirta Taruna lebih baik mentargetkan segmen commander kepada laki-laki sebesar 38(38.0%) dan untuk segmen high profile sebaiknya mentargetkan kepada laki-laki sebagai mayoritas sebesar 55(55.0%). Dari hasil anaJjsis lersebut d.iharapkan dapat memberikan masukan bagi Tirta Taruna untuk mengetahui citra dan keunggulan Tirta Taruna terhadap konsumen, mengetahui performance kornpetitor dari Tirta Taruna, dan analisis tersebut digunakanunn.ak menyusun strategi pemasaran yang tepat.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering |
Depositing User: | Jumagi 197012 |
Date Deposited: | 07 Apr 2017 03:25 |
Last Modified: | 08 May 2017 04:14 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/29483 |
Actions (login required)
View Item |