Evaluasi Penerapan Result Control dalam Meningkatkan Motivasi Karyawan Bagian Penjualan UD. Surya Mas Motor di Jombang

Tjioe, Fransisca Yuliana, (2010) Evaluasi Penerapan Result Control dalam Meningkatkan Motivasi Karyawan Bagian Penjualan UD. Surya Mas Motor di Jombang. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of AK_2719_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
AK_2719_Abstrak.pdf

Download (43kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/133022

Abstract

Perkembangan usaha dewasa ini telah diwarnai dengan berbagai macam persaingan disegala bidang. Seiring dengan perkembangan jaman dan semakin meningkatnya kebutuhan alat transportasi membawa kemajuan bagi perusahaan otomotif terutama dibidang sepeda motor, yang mana sangat dibutuhkan oleh banyak orang, karena harganya sangat terjangkau dan mudah perawatannya. Hal ini menyebabkan masing-masing dealer sepeda motor berlomba-lomba dalam meningkatkan penjualan sepeda motor. Oleh karena itu, dibutuhkan adanya suatu sistem pengendalian manajemen yang merupakan salah satu faktor pendukung keberhasilan untuk dapat mencapai tujuan perusahaan. Dengan adanya sistem pengendalian yang baik di dalam suatu perusahaan dapat memastikan bahwa anggota perusahaan bertindak dan memiliki keinginan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh perusahaan. UD."Surya Mas Motor" merupakan dealer sepeda motor Yamaha terbesar di Jombang dan berdiri sejak tahun 2006. UD."Surya Mas Motor" dalam memotivasi karyawannya dengan menerapkan result control. Penerapan result control ini bertujuan untuk mencapai tujuan perusahaan. Namun, dalam pelaksanaannya masih terdapat beberapa masalah. Pembuatan skripsi ini difokuskan untuk mengetahui bagaimana bentuk result control yang diterapkan oleh perusahaan dalam meningkatkan motivasi karyawan bagian penjualan ( salesman dan counter sales ). Penerapan result control yang diterapkan oleh UD."Surya Mas Motor" pada bagian penjualannya kurang konsisten. Hal ini dapat terlihat dari adanya ketidak konsistensian antara penentuan dimensi kinerja, pengukuran kinerja, penetapan target, dan penyediaan reward dan punishment. Ketidak konsistensian perusahaan dalam menerapkan resul/t control dapat berdampak buruk bagi kinerja para karyawan bagian penjualan sehingga dapat menimbulkan masalah motivasi dalam diri karyawan tersebut. Temuan dari penelitian menunjukkan bahwa apabila penerapan result control tidak berjalan dengan baik maka dapat berdampak negatif bagi perusahaan. Jika, perusahaan mengimplementasikan penerapan result control dengan baik dan benar maka tujuan perusahaan dapat tercapai dengan baik dan dapat meningkatkan motivasi para salesman dan counter sales dalam mencapai target penjualan yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Result Control, Motivasi Karyawan
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 07 Apr 2017 07:02
Last Modified: 07 Apr 2017 07:02
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/29495

Actions (login required)

View Item View Item