Pengaruh Faktor Eksternal dan Internal Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Kacang Atom Garuda

Sanwijaya, Tan Okky (2004) Pengaruh Faktor Eksternal dan Internal Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Kacang Atom Garuda. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_2356_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TM_2356_Abstrak.pdf

Download (246kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/135514

Abstract

Perusahaan dalam persaingannya dituntut untuk mengerti dan berusaba memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Perusahaan kacang atom Garuda yang memproduksi kacang atom sebagai produk utamanya, saat ini berusaha meningkatkan volume penjualan sehingga dibutuhkan penelitian untuk menganalisis perilaku konsumen yang dipengaruhi oleh faktor ekstemal dan internal dengan harapan pengusaha memperoleh masukan apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan konsumen yang belum terpenuhi guna mencapai kepuasan konsumen. Pada penelitian ini, sampel yang diambil adalah konsumen pemakai dan konsumen potensial kacang atom Garuda. Sampel diambil dengan cara menyebarkan kuesioner kepada konsumen untuk mengetahui latar belakang konsumen dan potensial, persepsi dan harapan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskritif untuk menggambarkan masing -masing karakteristik konsumen yaitu faktor internal yang paling pengaruh adalah pengalaman belajar pada variabel rasa produk sedangkan faktor eksternal yang berpengaruh yaitu budaya pada variabel kebiasaan untuk camilan, analisis crosstab dapat mengetahui latar belakang yang membedakan tiap kelompok konsumen yaitu pada variabel pertama kali mengetahui kacang atom Garuda untuk konsumen yaitu iklan 39 oratJI (39%) dan potensial 98 orang (98%), hadiahlbmms untuk konsumen yaitu hadiah langsung 46 orang (46%) dan potensial 38 orang (38%), niat membeli lagi kacang atom Garuda untuk konsumen yaitu ya 98 orang (98%) dan potensial yaitu ya 91 orang (91% ), suka berganti merek kacang atom untuk konsumen yaitu tidak 91 orang (91 %) dan potensial yaitu 67 orang (67%). Dengan analisis manova untuk mengetahui perbedaan rata -rata tingkat harapan konsumen dan potensial, yaitu pada variabel merek untuk konsumen (mean= 4,110) dan potensial (mean= 3,540), tangga1 produksi dan kadaluwarsa untuk konsumen (mean = 4,030) dan potensial (mean = 3,530), komposisi bahan konsumen (mean = 3,890) dan potensial (mean = 3,61 0), tidak menggunakan bahan pengawet konsumen (mean = 4,160) dan potensial (mean = 3,640), kemasan konsumen (mean = 3,940) dan potensial (mean= 4,200), pilihan produk konsumen (mean= 4,190) dan potensial (mean= 3,540), kemudahan memperoleh konsumen (mean= 3,940) dan potensial (mean = 4,220). Dari graftk tingkat kepuasan rata -rata konsumen belum merasa puas pada keseluruhan variabel, terutama pada variabel yang ada dikuadran IV yaitu ukuran dan desain kemasan, pilihan produk, bonus dan diskon. Karena faktor yang berpengaruh yaitu faktor internal rasa produk sebesar 85 orang (85%) sehingga bauran pemasaran yang dilakukan untuk kacang atom Garuda adalah memproduksi kacang atom berbagai rasa, desain kemasan semenarik mungkin dan dibuat berbagai ukuran, terdapat bonus dan diskon, memperluas jangkauan pemasaran, menentukan harga standar sehingga mampu bersaing. Dari basil penelitian selain melayani konsumen kacang atom Garuda, juga berusaha memenuhi konsumen potensial yang rata -rata merupakan kalangan menengah, dengan loyalitas masih rendah yaitu ingin mencoba merek baru dan suka berganti -ganti merek kacang atom sehingga ada kemungkinan untuk ditarik sebagai konsumen.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Jumagi 197012
Date Deposited: 07 Apr 2017 07:07
Last Modified: 07 Apr 2017 07:07
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/29497

Actions (login required)

View Item View Item