Peranan Human Excellence Sebagai Faktor Kunci Penciptaan Nilai Badan Usaha

Wijaya, Liliana Inggrit (2005) Peranan Human Excellence Sebagai Faktor Kunci Penciptaan Nilai Badan Usaha. In: Proceeding 2nd Annual Symposium on Management : Achieving Excellence through Service Management, 16 -17 March 2005, Universitas Surabaya.

[thumbnail of Widjaja_Peranan human_Abstract_2005.pdf]
Preview
PDF
Widjaja_Peranan human_Abstract_2005.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of Widjaja_Peranan human_2005.pdf] PDF
Widjaja_Peranan human_2005.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (814kB) | Request a copy
[thumbnail of Widjaja_Peranan human_Reference_2005.pdf]
Preview
PDF
Widjaja_Peranan human_Reference_2005.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview

Abstract

Survey tentang kualitas sumberdaya manusia ditinjau dari tingkat pendidikan dan produktivitas kerja oleh UNDP menunjukkan bahwa ukuran Human Development index indonesia sebelum krisis baru mencapai angka HDI 0,586 dengan kata lain menduduki peringkat 105 di dunia, sementara untuk negara-negara Asean lainnya kecuali Philipina, HDI-nya antara 0,778-0,838 atau berada pada kisaran peringkat 43-54. Hal ini memberikan gambaran profil tenaga kerja yang masih rendah kualitasnya terutama untuk bersaing dalam era global Lebih lanjut hasil survey yang dilakukan oleh SWA memberikan gambaran yang konsisten yaitu l0 Excellence company yang diperingkat berdasarkan parameter 7 rasio keuangan utama, rata-rata memiliki tingkat kapitalisasi pasar tertinggi di BEJ tiga terbaiknya adalah PT TELKOM, HM SAMPOERNA dan INDOSAT Jika dikaji lebih dalam ditemukan suatu fenomena bahwa kualitas sumberdaya manusia sangat menentukan keunggulan badan usaha, karena telah terjadi pergeseran dari resource base menjadi knwoledge base sehingga human capital investment dan Human Capital Investment dan technology intensive menjadi semakin kuat. Setelah dilakukan survey untuk untuk mengetahui hubungan antara human excellence dengan kinerja organisasi ternyata 5 CEO terbaik yang dinilai dengan l0 karakter ideal dari konsep James M, Kouzes dan Barry Z. Posner pada 1997, menunjukkan tiga dari lima CEO terbaik termasuk dalam peringkat l0 badan usaha dengan kapitalisasi pasar terbesar. Kajian ini menampilkan peranan human excellence terhadap pencapaian tujuan akhir badan usaha yang diukur melalui maksimisasi nilai badan usaha Perspektif pembahasan berfokus pada human excellence, dimana manusia menjadi penentu utama dalam memberikan kontribusi penting bagi kemajuan organisasi yang secara fundamental tidak dapat digantikan secara keseluruhan oleh faktor-faktor produksi lainnya baik mesin ataupun kemajuan teknologi apapun yang bcrbentuk fisik.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Human excellence dan Nilai badan usaha
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Karyono
Date Deposited: 10 Apr 2012 01:13
Last Modified: 08 Sep 2020 07:40
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/295

Actions (login required)

View Item View Item