Dewi, Prisca (2006) Perancangan Sistem Informasi Manajemen Di Perusahaan Saputra Motor Surabaya - Jawa Timur. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
TM_2720_Abstrak.pdf Download (254kB) | Preview |
Abstract
Saputra Motor bergerak di bidang jual-beli kendaraan bcmlotor khususnya roda empat. Saputra Motor belum. mem.i1iki sistem informasi yang tersusun dengan baik. dimana dalam melakukan penynnpanan data masih dilakukan secara manual, sebingga hal ini menimbulkan masalah, seperti: kesulitan da1mn pencarian data ken~ kurangnya efisiensi waktu dalam hal pencatanm data, dan kesalahan penaksinm jmnlah persediaan kendaraan yang dialcibatkan adanya duplikasi penyimpanan data. Hal ini sangat memgikan baik bagi perusahaan maupun pelan~ Selain itu masalab lain yang terjadi adalah adanya pembagian tugas, wewenang dan tauggung jawab yang kutang jelas, seperti: terjadinya penwnpukan maupun pelimpahan tugas dan tanggung jawab pada bagian tertentu dalam perusahaan yang pada akhimya akart menyebabkan kinerja perusahaan menjadi udak optimal. Untuk menangani masalah tersebut maka diperlukan perbaikan pada sistem infonnasi manajcmen pemsahaan, dimana mdOde yang digonakan ada1ah Sistem Development Lifo Cylce (SDLC). Langkah awal yang diambiJ yaitu peogumpulan data melalui wawancara dan. _pengamatan langsung. meliputi: struktur organisasi perusahaan, job describHon masing-masing kalyawan, sistem dan prosedur perusabaan yang kbususnya berltubungan dcogan lregiatan transaksi pcmbclian dan peojualan kendmaan, serta dokwnen-dolrumeo yang dipakai perusahaan. Langkah sdanjutnya ada1ab melakukan analisis dari data yang sudah dilrumpu1kan. untuk mengetahui penyebab dari masalab·masalah yang dihadapi pemsahaan dan cara mengasasinya Setelah penyebab dan cara mengatasi diketahui. maka dilakukan perancangan si.stem yang bam atau perbaikan pada sistem yang lama menjadi sistem bam. Peoaniliahan kepala gudang dllakukan agar tidak terjadi ~limpahan tugas dan tanggung jawab, pemisaban pada bagiao administrasi dan accounting meojadi bagian administrasi dan bagian accounting serta kasir menjadi bsir besar daD kasir kecil dilakukan, agar tidak terjadi penwnpukkan tugas dan tanggung jawab. Pada prosedur pembelian dilakukan perl>aikan. sebingga proses pembeliao dan pengirinum BPKB dari supplier menjadi lebih cepat Perbaikan pada prosedur penjualan tunai maupun kredit dilakukan agar konsumen tidak menunggu lama keputusan saat negosiasi transaksi dengan perusabaan Pembakuan prosedor pembayaran komisi jual kepada makelar dilakukan untuk meningkatkan kegiatm pemasaran perusahaan. Petbailcan prosedur pengeluaran kendaraao dilakubn, sebingga konsumen tidak mcmmggu lama konfinnasi saat pengambilan kendaraan dan mcngurangi tindakan percobaan penipuan oleh beberapa konsumen yang tidak bertanggung jawab. Perbaikan prosedor penerimaan insentif juga dilakukan. sehingga perselisihan maupun kecurangan pada saat pembagian insentif dapat dihiodari. Peoambaban dokwnen baJu perJu dilakllkan, diaotaranya buku .stok yang dibuat: oleh kepala gudang, Sales Order (SO) yang dibuat oleh sales tiap bli bcrbasil melakukan penjualan. dan Memo Pengeluaran Kendaraan (MPK) yang dibuat oleh Kasir besar. Peraocangan database untuk perusabaan dibuat dengau mmgg~mabn sojiwan tklphi 5.0. Per.mcangan yang dilakukan lremudian ditest dan diimpJentasikan di perusabaan. Setehih perancangan dan implementasi ditaksanakan nuika dapat ditarik kesimpu!an, diantaJanya deogan adanya database yang terlromputerisasi perosahaao dalam melakukan peogecekan inventori kendaraan dapat dilakokan dengan lebih .cepat dan mudah, pengontrolan pemsabaan oleh direktur dapat dilakukan deogan mudah karena sumber ~ informa.~ dalam peru.Wiaan tehlh dimanfaatbn dengan baik: sesuai dengan kebutuhan perusabaan
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering |
Depositing User: | Jumagi 197012 |
Date Deposited: | 07 Apr 2017 08:05 |
Last Modified: | 07 Apr 2017 08:05 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/29509 |
Actions (login required)
View Item |