Analisis Perilaku Konsumen di Surabaya dalam Memilih Internet Service Provider

Kumara, Nyoman Rajendra (2006) Analisis Perilaku Konsumen di Surabaya dalam Memilih Internet Service Provider. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_2760_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TM_2760_Abstrak.pdf

Download (171kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/135128

Abstract

Perkembangan teknologi mengalaml kemajuan yang pesat dewasa ini, salah satunya adalah perkembangan internet. Sejak awal diperk:enalkan pada tahun 1990-an sampal dengan sekarang, internet mengalami kemajuan yang sangat cepat. Hal ini menyebabkan menjamumya usah.alntemet Service Provider D-net merupakan perusahaan penyedia layanan internet yang mengutamakan kualitas kestabilan, kecepatan koneksi dan layanan customer service 24 jam. Untuk: dapat menjaring dan memuaskan konsumennya, pihak D-net diharapkan mampu untuk: mengetahui kebutuhan dan keinginan konsumen sehingga dapat digunakan untuk membuat strategi pemasaran yang tepat bagi ISP yang terletak di Graha Bumi Modern Jalan Basuki Rahmat ini. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui karakteristik dan gaya hidup konsumen serta mengetahui tingkat kepentingan dan kepuasan konsumen. Beberapa analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif untuk mengetahui profit konsumen dan konsumen potensial D-Net, analisis pengelompokan responden untuk mengelompokkan responden ke dalam beberapa kelompok, anal.isis manova untuk mencari apak.ah terdapat perbedaan tingkat kepentingan antara kelompok konsumen yang terbentuk, analisis gaya hidup yang bertujuan untuk menentukan jenis gaya hidup dari ketompok konsurnen yang terbentuk, analisis ketergantungan (crosstabs) untuk mengetahui karakteristik dari kelornpok konsurnen yang terbentuk, dan analisis kuadran yllng bertujuan untuk menemukan kelemahan dan kelebihan dari masing-masing variabel. Dari analisis gaya hidup, didapatkan dua kelompok psik;ografis konsurnen dan konsumen potensial D-net mayoritas yaitu Early Adopter dan Early mqjority. Sedangk:an berdasarkan tingkat kepentingan dan tingkat kepuasan dari konsumen pada kelompok psikografis yang terbentuk dapat diketahui variabel apa saja yang perlu diperhatikan oleh D-Net. Berdasarkan analisis kuadran untuk konsumen secara keseluruhan, variabel yang menjadi kelemahan D-net adalah variabel biaya over time/over traffic (4,12 ; 3) dan fasilitas monitoring usage (3.87 ; 3.01). Dari kedua hal tersebut, menyebabkan teljadinya ketidakpuasan pada konsumen D-Net. Oleh karena itu pihak D-net sebaiknya segera memperbaiki kriteria-kriterianya yang ada pada kuadran ini agar tidak.. kehilangan konsumennya. Untuk itu, diberikan usulan mengenai segmen pasar, target pasar, diferensiasi pasar, posisi pasar serta taktik pemasaran yang disusun berdasarkan dimensi 8P untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan jumlah konsurnen D-net.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Jumagi 197012
Date Deposited: 10 Apr 2017 04:25
Last Modified: 10 Apr 2017 04:25
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/29520

Actions (login required)

View Item View Item