Studi Kelayakan Cabang Dan Perancangan Strategi Pemasaran Lembaga Pendidikan Lanta Educational Centre (LEC) Di Jember

Susanto, Martha Theresia (2006) Studi Kelayakan Cabang Dan Perancangan Strategi Pemasaran Lembaga Pendidikan Lanta Educational Centre (LEC) Di Jember. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_2710_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TM_2710_Abstrak.pdf

Download (208kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/135162

Abstract

Seiring dengan perkembangan jaman, kemampuan untuk menguasai bahasa Inggris dan Mandarin ak:an semak:in diperlukan oleh setiap orang. Berdasarkan penelitian waktu yang paling tepat untuk mempelajari kedua bahasa tersebut adalah saat anak-anak. dimana anak-anak lebih mudah dalam mencema materi-materi yang diajarkan, terutama materi spelling/melafal. Menimbang hal tersebut maka pendidikan bahasa Inggris dan bahasa Mandarin perlu diterapkan sejak anak-anak. Melihat peluang yang cukup besar Lanta Educational Center (LEC), mempertimbangkan untuk mendirikan cabang di kota Jember. Agar investasi yang dilakukan tidak sia-sia, maka perlu dilakukan studi kelayakan pendirian cabang Lembaga Bimbingan Bei.,Yar LEC, sehingga investasi yang akan dilakukan tidak mengalami kerugian. Studi kelayakan ini ditinjau dari beberapa aspek penting, antara lain: aspek pasar, aspek teknis, aspek manajemen dan aspek keuangan. Dalam setiap aspek dilakukan penelitian dan perhitungan yang berkaitan dengan kegiatan operasional usaha, yang meliputi: perhitungan Pangsa Pasar, Pasar Potensial, Pasar Potensial Efektif, Permintaan Efektif, pemilihan lokasi, kapasitas., penetapan materi, pemilihan tenaga kerja, hingga penentuan spesifikasi jabatan. Selain itu juga dibuat proyeksi rugi laba, proyeksi neraca, dan menghitung harga pokok produksi serta menghitung Break Event Point (BEP) yang dapat digunakan untuk menganalisa kelayakan pendirian lembaga bimbingan belajar ini. Dilakukan juga pengolahan data mengenai perilaku konsumen dengan metode crosstabs dan MANOVA, yang nantinya digunakan untuk merancang strategi pemasaran. Dari penelitian yang dilakukan, pendirian Lembaga Bimbingan Belajar ini layak untuk dilaksanakan dengan peninjauan dari berbagai aspek tersebut. Dari aspek pasar, permintaan Pasar Potensial LEC golongan menengah ke atas yang berusia 3-15 tahun di Jember, diprediksikan pada tahun pertama (2007) untuk program bahasa lnggris dan Mandarin masing-masing diperoleh pelanggan sebanyak 1496 orang dan meningkat hingga 1760 orang pada tahun ke lima Sedangk:an dari aspek: teknis, pendirian usaha ini layak untuk dilaksanakan karena lokasi yang terpilih (sebuah rumah di jalan Kalimantan No. 62 Jember dapat memberikan daya tampung yang maksimal dan memenuhi keinginan konsumen potensial, sehingga dapat menjadi salah satu keunggulan dari usaha ini. Dari aspek manajemen, pendirian usaha ini layak karena perusahaan tidak mengalami kesulitan dalam mencari tenaga kerja, karena masih tersedianya sumber daya manusia yang produktif dan sesuai dengan kriteria dari spesifikasi jabatan. Ditinjau dari aspek keuangan, pendirian lembaga bimbingan belajar ini juga layak dilakukan karena hasil perhitungan selama horizon perencanaan li.ma tahun kedepan menghasilkan nilai Net Present Value (NPV) positif yaitu sebesar Rp I .009212309,-Nilai Internal Rate Of Return (JRR) sebesar 95,29% lebih besar dari nilai Minimum Attractive Rate of Return (MARR), sehingga pendirian lembaga bimbingan belajar bisa dikatakan layak. Selain itu Discounted Payback Period dari usaha ini relatif kecil, yaitu 1,15 tahun, sehingga pendirian lembaga bimbingan belajar ini sangat layak didirikan karena dalam waktu 1,15 tahun modal yang dikeluarkan akan kembali.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Jumagi 197012
Date Deposited: 10 Apr 2017 04:55
Last Modified: 10 Apr 2017 04:55
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/29526

Actions (login required)

View Item View Item