Kebutuhan Remaja untuk Mengirim Foto atau Video di Instagram

., Setiasih and Puspitasari, Florencia Inne (2015) Kebutuhan Remaja untuk Mengirim Foto atau Video di Instagram. Jurnal Psikologi Ulayat, 2 (2). pp. 461-472. ISSN 2088-4230

[img]
Preview
PDF
Kebutuhan Remaja_2015.pdf

Download (458Kb) | Preview
Official URL: http://www.k-pin.org

Abstract

Instagram merupakan media sosial yang popular dan berfokus pada photo sharing.H asil survey MarkPlus Insight menunjukkan bahwa 5,9% pengguna instagram adalah remaja yang berada pada usia 15-22 tahun. Hal ini wajar karena dengan mengirim foto atau video ke dalam media sosial, sebenarnya remaja terhubung dengan orang lain secara luas, dengan demikian maka kebutuhan remaja untuk menjalin relasi sosial dengan orang lain akan dapat terpenuhi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebutuhan apa saja yang mendorong remaja mengirim foto atau video ke dalam Instagram. Partisipan penelitian ini adalah 103 remaja berumur 15-18 tahun, memiliki akun Instagram, dan setidaknya mengirim 1-2 foto atau video dalam 1 bulan. Pengambilan data menggunakan teknik snowball sampling. Analisis data menggunakan ANAVA.Hasil analisis faktor, menunjukkan ada 4 kebutuhan yang mendorong remaja mengirim foto atau video ke dalam Instagram, yaitu kebutuhan untuk menjelaskan diri, kebutuhan untuk memperhatikan dan diperhatikan orang lain,kebutuhan untuk tampil baik, dan kebutuhan untuk memperoleh dukungan.Saran untuk remaja yaitu saat mengirimfoto atau video pribadi dalam Instagram perlu diperhatikan akan adanya ancaman eksploitasi foto atau video yang beredar dalam internet

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kebutuhan; remaja; Instagram; mengirim foto atau video
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Eko Setiawan 194014
Date Deposited: 10 Apr 2017 10:35
Last Modified: 10 Apr 2017 10:35
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/29541

Actions (login required)

View Item View Item