Analisis Efektivitas Direct Selling di CV. Treasure Surabaya

Wahyuni, Dwi Tari (2006) Analisis Efektivitas Direct Selling di CV. Treasure Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_2746_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TM_2746_Abstrak.pdf

Download (362kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/135084

Abstract

Persaingan antar perusahaan direct selling ini semakin ketat. Hal ini disebabkan munculnya perusahaan-perusahaan direct selling baru ~p~ yang lama berl~mba­lomba melakukan penjualan yang maksimal. Oleh karena 1tu, ?ihak CV. Tr~~e di~tut untuk menyusun suatu kebijakan pemasaran yang tepat, efektif serta kompetttl( sehingga diharapkan pihak CV. Treasure dapat menarik konsumen barn dan mempertahankan konsumen lama. Perencanaan strategi perbaikan pemasaran diperlukan yang tepat identifikasi tingkat kepentingan dan tingkat kepuasan konsumen. Dengan mengetahui tingkat kepentingan dan tingkat kepuasan konsumen, maka pihak CV. Treasure dapat memperoleh masukan untuk melihat peluang, dimana tingkat kepentingan konsumen yang belwn dapat dipenuhi oleb perusahaan sehingga volume penjualan dapat ditingkatkan. Metode pengumpulan data yang dipilih ada1ah menggunakan kuesioner. Sampel yang diambil ada1ah sales executive CV. Treasure dan konsumen CV. Treasure yang minimal 1 kali pernah ditawari produk oleh sales executive CV. Treasure. Kuesioner dibagikan kepada responden hingga mencapai eksemplar yang kembali dan sah. Pada penelitian ini dilalrukan beberapa analisis yaitu analisis deskriptif yang bertujuan mengetahui profit sales executive CV. Treasure dan konsumen CV. Treasure. Analisis Crosstabs yang basilnya menunjukkan bahwa ada perbedaan latar belakang pada masing-masing kelompok konsumen pada variabel penghasilan (Rp 1.000.000,--Rp 2.000.000,-;<Rp 1.0000.000,-), variabel hubungan dengan sales executive setelah ditawari produk (menjadi pelanggan tetap~ dihubungi lagi tetapi tidak pemah tertarik) dan pada kuesioner karakteristik konsmnen semua variabel memiliki perbedaan latar belakang. Pada analisis Manova tingkat kepentingan dan tingkat kepuasan konsumen masing-masing kelompok tidak memiliki perbedaan latar belakang karena Ho masing-masing kelompok konsumen untuk tingkat kepentingan dan kepuasan gagal tolak nilai signifikan > a (a:;;5%). Selanjutnya pada analisis Kuadran diperoleh bahwa keunggulan kelompok 1 pada variabel penampilan sales executive rapidan menarik (4,356.;3,74) dan kelompok 2 pada variabel kemampuan sales executive dalam menjelaskan produk (3,926;3,5 19), untuk kelemahan kelompok 1 pada variabel harga produk terjangkau (4,342;3,671) dan kelompok 2 pada variabel kemampuan sales executive dalam menyelesaikan masalah ( 4,148;1,778). Untuk analisis faktor yang mempengaruhi kinetja sales executive yaitu faktor internal (motivasi kerja) untuk masing-masing kelompok sales executive tidak memiliki perbedaan tingkat motivasi ketja (Ho gagal tolak), faktor ekstemal (sikap pemimpin) untuk masing-masing kelompok sales executive tidak mem.iliki perbedaan tingkat sikap pemimpin (Ho gagal tolak), faktor pendukung (hubungan dengan pemimpin, rekan kerja, dan pelanggan) untuk masing-masing kelompok secara keseluruhan tidak memiliki perbedaan tingkat hubungan (Ho gagal tolak). Analisis rata-rata penjualan sales executive, kelompok 1 < kelompok 2 (Rp517.249,-< Rp 900.175,-). Berdasarkan analisis secara keseluruhan diketahui bahwa direct selling yang efektif dilakukan oleh sales executive kelompok 1. Faktor internal, eksternal dan pendukung sating berhubungan dalam mempengaruhi efektivitas direct selling sales executive.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Jumagi 197012
Date Deposited: 11 Apr 2017 03:02
Last Modified: 11 Apr 2017 03:02
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/29542

Actions (login required)

View Item View Item