Novrianto, Riestendy (2006) Analisa Pengaruh Membercard Terhadap Loyalitas di Alfamart (Cabang Tenggilis), Surabaya. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
TM_2744_Abstrak.pdf Download (613kB) | Preview |
Abstract
Sekarang ini terjadi persaingan yang sangat ketat sekali dalam dunia bisnis ritel. Banyak sekali bermunculan berbagai macam ritel di Surabaya, mulai dari minimarket, supermarket hingga hypermarket. Berbagai macam strategi pemasaran dilancarkan oleh pebisnis ritel tersebut. Persaingan antar minimarket di Surabaya juga semakin ketat. Alfamart sebagai salah satu ritel minimarket yang sedang berkembang melakukan strategi pemasaran dengan meluncurkan membercard-Kartu AKU. Terdapat beberapa macam keuntungan yang diperoleh pelanggan jika menggunakan membercard-Kartu AKU, tertentu, pelanggan berkesempatan untuk membeli pernak-pernik spesial Alfamart dengan harga yang spesial pula, pelanggan akan berkesempatan untuk mendapatkan hadiah langsung. Selain itu pelanggan juga akan diikutkan dalam undian bulanan dengan hadiah yang menarik serta undian tahunan dengan hadiah utama. Pada penelitian ini dilakukan beberapa analisis yaitu analisis deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui latar belakang responden; analisis crosstabs yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya ketergantungan antara kelompok member dan non-member dengan variabel latar belakang; analisis MANOVA yang bertujuan untuk mengetahui efektifitas strategi membercard dengan melihat ada atau tidaknya perbedaan tingkat loyalitas antara kelompok member dan non-member; dan analisis model regresi berganda yang bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor tingkat kepuasan yang berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas. Untuk memudahkan penelusuran pada faktor-faktor kepuasan, model analisis regresi berganda ini dibuat secara terpisah untuk. masing-masing kelompok (non-member dan member). Dari hasil analisis crosstabs diketahui variabellatar belakang yang menunjukkan adanya ketergantungan pada kedua kelompok adalah frekuensi belanja di minimarket, pengeluaran sekali belanja, frekuensi belanja di Alfamart dan penghasilan/uang saku. Sedangkan pada analisis MANOVA diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan tingkat loyalitas diantara kedua kelompok tersebut. Dimana kelompok member memiliki tingkat loyalitas lebih tinggi daripada kelompok non-member. Oleh karena itu strategi peluncuran membercard ini sudah dapat dikatakan efektif. Selanjutnya akan dilakukan penelusuran pada faktor-faktor kepuasan yang berpengaruh terhadap loyalitas melalui analisis regresi. Pada analisis regresi berganda terdapat 3 persamaan regresi untuk setiap kelompok, karena setiap kelompok memiliki 3 variabel loyalitas yang diukur yaitu, frequency of purchase, variety seeking dan repurchase intensions. Faktor kepuasan beserta nilai pengaruh yang signifikan pada variabel frequency of purchase adalah, untuk non-member adalah store layout (0,320); convenience (0,237); promotion (0,181) dan untuk member adalah tangible (0,372); prices (0,304); assurance (0,149). Pada variabel variety seeking untuk non-member adalah prices (0,346); information (0,275) dan untuk member adalah services (0,330);prices (0,184); reliability (0,17); (0,166). Pada variabel repurchase intensions untuk non-member adalah products (0,486); store layout (0,269); prices (0,216) dan untuk member adalah tangible (0,544); services (0,256). Berdasarkan pada hasil analisis regresi tersebut dan didukung oleh analisis yang lainnya, kemudian disusun strategi perbaikan. Penyusunan strategi perbaikan ini dibedakan untuk masing-masing kelompok, karena adanya sedikit perbedaan, dimana pada kelompok member dilakukan pengukuran tambahan khusus untuk tingkat kepuasan kartu pelanggan/Kartu AKU.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering |
Depositing User: | Jumagi 197012 |
Date Deposited: | 19 Apr 2017 04:56 |
Last Modified: | 19 Apr 2017 04:56 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/29616 |
Actions (login required)
View Item |