Analisis dan Perbaikan Produktivitas di Klinik Kecantikan Tiara Surabaya dengan Menggunakan Metode Modifikasi Omax

Wijaya, Vivi (2006) Analisis dan Perbaikan Produktivitas di Klinik Kecantikan Tiara Surabaya dengan Menggunakan Metode Modifikasi Omax. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_2627_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TM_2627_Abstrak.pdf

Download (63kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/135335

Abstract

Produktivitas merupakan ukuran yang berl<aitan dengan seberapa efisien suatu input digunakan oleh perusahaan untuk mengllasilkan outpuL Produktivitas dapat dijadik.an pedoman untuk mengetahui k.inerja yang telah dicapai oleh perusahaan .. ~leh karena itu, penting bagi perusahaan jasa untuk melakukan pengukuran produktJVrtas karena adanya k.emajuan yang pesat dari sektor jasa terhadap pertumbuban perekonomian di samping produktivitas dapllt memperlihatbn indeks pertumbuban suatu usaha dari waktu ke wak:tu.Dari hasil pengulruran dapat di!akukan perencanaan perbaikan yang bermanfaat bagi peningkatan produktivitas. Klinik kecantikan Tiara merupakan suatu peNsahaan jasa yang memberikan jasa pelayanan kecantikan berupa perawatan kulit wajalt, rambut, tubuh, dan alrupuntur. Selama ini karyawan yang ads. pada klinik kunmg disiplin wa};tu sehingga kinerjanya kurang optimal. Oleh karena itu, klinik berkeinginan mengetahui produktivitasnya agar dapat segera dilakukan perbaikan techadap penyebab rendahnya produl-tivitas sehingga klinik dapllt terus bersaing dan bertahan di pasar global. Pengukuran produktivitas pada klinik dilakukan denpn menggunakan model OMAX modifikasi dinwla dalam pengulrurannya menggunakan bantuan program Pro-OMAX. Model tersebut sesual dengan karakteriS1ik industri jasa yang memperhatikan keseimbangan antara efisiensi internal, ekstemal, clan capacity. Masing•masing efisiensi dijaba.rkan rnenjadi fungsi-fungsi, dari fungsi diperoleh kriteria produktivitas. Pada efisiensi internal dan ekstemal tenlapat ll kriteria, pada capacity terdapat 4 kriteria. Sesuai dengan model produktivitas jasa yang mempertimbanglwl ouJcome yang dihasilkan maka dilakuk.an pengukuran kepuasan customer denpn kuesioner. Selama 8 periode pengukuran diperoleb bahwa produktivitas tertinggi dicapai pada peri~e IV dengan nilai 4.9328, sedangkan produktivitas terendah dicapai pada periode VI dengan nilai 3.8289. Hasil pengukuran tersebut kemudian dievaluasi dan dianalisis penyebab penurunan dengan menggunakan diagram lshikawa kemudian dilalmkan tindakan perbaikan. Tindakan perbaikan yang diimplementasikan: mengadakan promosi terhadap jasa perawatan rambut dan tubuh denpn memberikan diskon clan bonus handuk, menyediakan sendok pe11gulrur dan menentukan ukuran dalam penggunaan bahan un:tuk perawatan kulit wajah, melaksanakan lama pelayanan yang telah ditentukan dengan pemberian toleransi, pemberian lata cam penggunaan produk. Sedangbn tindakan perbaikan yang menjadi masukan bagi klinik: melaksanakan sistem reward dan pu:nishment untuk meningl(alkan kedisiplinan karyawan, meratakan kegiatan prGmOSi pada semua jenis jasa yang ditawarbn, memperbaiki sistem layanan agar kapasiw layanllll dapat dimanfaalkan semaksimal mungkin, memperbaiki tinEt.at perputamn dan kelengkapan produk kecantikan kulit wajah, menyediakan sarana berupa kartu anggota agar klinik dapat memberikan perbatian pada customer bahkan pada saat customer berada di rumah. Dari basil implementasi kemudian dilakukan pengukuran kembali dan diperoleb peningkatan produktiviw sebesar 18.55% dengan nilai S.0767 dan pada periode berikutnya peningkatan yang teljadi sebesar 7.12% dengan nilai 5.4382.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Jumagi 197012
Date Deposited: 19 Apr 2017 05:11
Last Modified: 19 Apr 2017 05:11
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/29618

Actions (login required)

View Item View Item