Analisis Strategi Pemasaran Pada Puppies Pet Shop Di Surabaya

Saputra, Adi Gunawan (2006) Analisis Strategi Pemasaran Pada Puppies Pet Shop Di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_2702_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TM_2702_Abstrak.pdf

Download (61kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/135138

Abstract

Semaakin bertumbuhnya jumlah penggemar binatang pcliharaan, semakin banyak pula orang yang mulai unruk menggeluti bisnis pet shop. Hal ini mcmbuat persaingan di bidang ini menjadi sernakin ketat. Salah satu pet shop yang berada di Surabaya adalah Puppies pet shop. Penelitian ini bertujuan untuk merencanakan strategi (regmentation, targeting, positioning) dan taktik (diferensiasi, marketing-mix: (4P)!imegrated servie€ management (8P), selling} sehingga dapal memberikan value (brand, servicx dan process) yang looih baik kcpada konsumen. Konscp dari strategi, taktik dan value ini mengguna.kan bagian Market-ing (sub model Architecture) dari Slutainable Market-ing Enterprise (SME) yang dikombinasikan dengan SP. Pengumpulan data dilakukan terhadap pengunjung Puppies pet shop . Tckn.ik sampling yang digunakan untuk koll$Ulllen adalab purposive sompling dengan jumlah responden 150 oraog. Dan di bagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok pemelihata anjing dan kelompok pemeliflara kucing. Perbedaa.n dari pemelihara anjing daD pemelibara kucing didapatlam dari analisis crosstab (ada 7 variabcl). Untuk analisis kuadran yang berfunssi mengetahui kelebihan dan kelemahan maka digunakan data mean rata-rata, yaitu : dari tingkat kepentingan pemelilwa anjing adaJah 4.0 14 dan tingbt kepuasao pemelihara anjing 3.80 I, untuk tingkat kepentingan pemelihcua kucing 3. 73 dan tingkat kcpuasan pemelihara kucing 3. 73. Dari analisis MDS didapa!kan bahwa Puppies pet shop 1111ggul dalam hal kualitas!service dibandingkan dengan pesaingnya. Untuk analisis kesadaran merelc Puppies JXil shop, Puppies pet shop menjadi urutan ketiga dari pet shop yang paling diingat pelanggan kelompok pemelihara anjiog, dan menjadi urutan lretiga dari pet shop yang paling disukai pelangg;an kelompok pemelihara kucing. Dalam penelitian ini diberikan usulan meugenai segmen dan target pasar yaitu wa.nita dengan usi.a ~0 tahun yang sudah berkelua.rga, dengaD kelas sosial menengah ke atas. Posiliolllngnya adalah kualitas produk yaog baik dengc~~~ harga ya.og bersaing dan k~ersihan tempat. Difereo:siasinya disesuaikan dengao pcsitioning usulan dan perbaikan dari 4P/8P diu.sulkan terutama untuk dimeusi product, place dan physical evidence. Sedangkan untuk selliog, Puppies pet shop diusulkan menjual suatu solusi (solution selling) yaitu pet produk de~~gan barga te!jangkau. Sed.aJlskan posisi brand saat ini pada tahap image I (dengar-dengar) sebingga banas memfolruskan pada segmeo dan target pasar terlebib dahulu, Ulltuk service usulannya berupa tetap menjaga kualitas produk dan adanya realisasi dari garansi produk agar konsumen dapat merasakan basil nyata dari pelayanan Puppies pet shop dan UlttUk proses usulanya berupa memasang papan reldame sehingga dapat meningkatkan brand awareness dari Puppies Pet shop.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Jumagi 197012
Date Deposited: 19 Apr 2017 05:49
Last Modified: 19 Apr 2017 05:49
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/29620

Actions (login required)

View Item View Item