Gaya Kepemimpinan dan Gaya Manajerial Goenawan Mohamad di Majalah Tempo : Sebuah Studi Biografis

Advitriana, Kiki (2007) Gaya Kepemimpinan dan Gaya Manajerial Goenawan Mohamad di Majalah Tempo : Sebuah Studi Biografis. [Undergraduate thesis]

[img]
Preview
PDF
S_185_Abstrak.pdf

Download (54Kb) | Preview
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/139643

Abstract

Penelitian ini berusaha memberikan jawaban atas pertanyaan: bagaimanakah kepemimpinan dan gaya manajemen Goenawan Mohamad selama bekerja di TEMPO. Dalam rentang waktu mulai mendirikan majalah TEMPO hingga berkembang dan mengalami pembredelan, namun dapat terbit kembali dan sampai akhirnya Goenawan memberikan jabatannya kepada Bambang Harymurti. Untuk menganalisis masalah tersebut, digunakan metode studi biografi dengan dibantu teori psikologi industri dan organisasi yang dimiliki oleh penulis. Dengan berdasarkan penggunaan data historis, skripsi ini terbagi dalam lima bagian. Bab pertama, berusaha membantu pembaca untuk mengerti konsep pemikiran dan masalah yang diangkat oleh penulis. Bab kedua, menggambarkan konteks Indonesia, dunia bisnis, industri pers, dan majalah TEMPO ketika Goenawan Mohamad mulai mendirikan majalah ini. Penggambaran konteks dibuat untuk menunjukkan adanya keterkaitan dalam keseluruhan penjelasan. Bab ketiga bercerita tentang asal-usul Goenawan. Bab keempat berisi analisa penulis dalam usahanya memahami perilaku Goenawan selama berkarya. Gayanya memimpin, me-manage, dan mengambil keputusan untuk menyelesaikan suatu masalah. Dan bab terakhir berisi kesimpulan akan hal-hal yang didapat dan dipahami oleh penulis. Penekanan pertama, Goenawan Mohamad adalah learning leader. Dia selalu belajar untuk memaknai masalah yang dihadapi, dengan memperhitungkan situasi yang ada (contingency leadership). Hal ini membentuk majalah TEMPO sebagai organisasi yang terus belajar (learning organization). Kedua, Goenawan lebih sering memformulasikan masalah yang dihadapinya berdasarkan pengalaman pribadi, sehingga keputusan pribadi lebih sering digunakannya sebagai solusi masalah yang ada. Meskipun akhirnya, keputusan organisasi banyak digunakan. Sebab keputusan pribadi pernah menghasilkan tindakan tegas karyawan yang meninggalkan majalah TEMPO.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Manajemen, Learning Leader, Contingency Leadership, Learning Organization, Pemecahan Masalah, dan Pengambilan Keputusan.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 04 May 2017 04:31
Last Modified: 04 May 2017 04:31
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/29749

Actions (login required)

View Item View Item